Eksotisme Cagar Alam Bukit Kelam Sintang

bukit kelam
Sumber :
  • www.domesticintravel.blogspot.com
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Hutan-hutan tropis yang lebat di Kalimantan selalu menawarkan keindahan alaminya. Terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, cagar alam Bukit Kelam Sintang seluas 520 hektar juga memiliki keindahan memukau.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Ini, menjadi bagian dari harta bumi yang menyimpan segala keragaman ekosistem yang unik. Pemandangan yang memukau mata dan udara segar membuat hutan ini menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon


Dilansir
Indonesia Travel,
mendaki ke puncak bukit Sintang adalah petualangan paling mendebarkan di mana Anda harus melalui tangga batu setinggi 90 meter dan tebing curam. Di puncak bukit ada gua-gua alam yang eksotis dan magis siap menanti Anda.


Gua-gua ini juga merupakan rumah dan sarang bagi burung walet. Dari puncak bukit, Anda dapat memandangi keindahan hutan hujan yang membentang luas. Indahnya Sungai Kapuas dan Sungai Melawi bisa dipandang dari bukit ini.


Di cagar alam ini ada berbagai jenis flora langka yang dapat Anda temukan seperti meranti, bangeris, tengkawang, kebas-kebas dan berbagai jenis anggrek. Flora dataran tinggi ini adalah pitcher merah yang merupakan endemi daerah tersebut. Cagar alam ini juga menjadi rumah bagi hewan langka dan berbagai keunikan lainya seperti beruang madu, Armadillo, kelelawar dan berbagai jenis burung.


Cagar alam Bukit Kelam Sintang ini memiliki ketinggian hingga 900 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan antara 15-40 derajat, menjadikannya tempat yang sempurna untuk parag liding dan pecinta panjat tebing.


Selain itu, tempat ini juga menyediakan tantangan bagi mereka yang menyukai hiking dan trekking. Untuk  Andayang ingin lebih dekat dengan alam juga dapat mendirikan tenda di lokasi perkemahan yang aman dan luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya