Jokowi Groundbreaking Tol Trans Sumatera, Ini Lokasinya

Jalan Tol Mojokerto - Kertosono
Sumber :
  • Dok. Astra
VIVA.co.id
Tol Lampung-Terbanggi Besar Ditarget Beroperasi Lebaran 2016
- Presiden  Joko Widodo hari ini melakukan pemancangan tiang pertama (
groundbreaking
ITW: Proyek 47 Ruas Jalan Tol Bebani Rakyat
) pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Tahap awal pembangunan proyek jalan tol bebas hamabatan sepanjang 2.818 kilometer ini akan dimulai dari pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan hingga Terbanggi Besar, Lampung Tengah. 

Beredar Surat Terbuka Faisal Basri kepada Jokowi
Dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet (setkab.go.id), Kamis 30 April 2015, pada tahap pertama, pembangunan akan dilakukan di jalur Bakauheni – Natar dengan panjang 104,7 kilometer.

Ruas tersebut akan melalui Kecamatan Bakauheni, Penengahan, Ketapang, Palas, Kalianda, Way Panji, Sidomulyo,Candipuro, Katibung, Merbau Mataram, Tanjung Bintang, Jati agung, hingga Natar di Kabupaten Lampung Selatan.

Pada tahap kedua, pembangunan dilakukan di jalur Babatan-Tegineneng dengan panjang 59,202 km. Sedangkan tahap ketiga jalur Tegineneng-Terbanggi Besar sepanjang 34,135 km.

Dengan demikian, total panjang Jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni-Bandar Lampung-Terbanggi Besar 140,410 km.

Hutama Karya menjadi perusahaan milik negara pertama yang mendapat kesempatan menggarap jalan ini karena telah mengantongi surat penetapan persetujuan lokasi pembangunan.

Sebagai informasi, Jalan Tol Trans Sumatera rencananya akan terbagi dalam empat koridor utama dan tiga koridor prioritas jaringan jalan tol.

Keempat koridor utama yaitu, Bandar Lampung (Lampung) – Palembang (Sumatera Selatan)  358 km, Palembang – Pekanbaru (Riau)  610 km, Pekanbaru – Medan (Sumatera Utara)  548 km, dan Medan-Banda Aceh (NAD) 460 km.

Sementara itum Tiga koridor prioritas pembangunan yakni, Palembang – Bengkulu sepanjang 303 km, Pekanbaru – Padang (Sumatera Barat) sepanjang  242 km dan Medan – Sibolga sepanjang 175 km. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya