AKR Corporindo Bagikan Dividen Rp313 Miliar

Pergerakan IHSG
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Perusahaan bahan bakar minyak (BBM) PT AKR Corporindo akan membagikan dividen sebesar 36,68 persen, atau Rp313,36 miliar dari prolehan laba bersih perseroan pada tahun buku 2014 yang sebesar Rp810,09 miliar.

Bangun 40 SPBU, AKR Corporindo Anggarkan Rp250 Miliar

Hal tersebut, telah disetujui para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Direktur Utama AKR Corporindo, Suresh Vembu, Selasa 5 Mei 2015, mengatakan pembagian dividen sudah termasuk dividen interim sebesar Rp195,17 miliar, atau Rp 50 per saham yang telah dibagikan ke pemegang saham pada Agustus 2014 lalu.

"Dividen yang masih akan dibayarkan ke pemegang saham AKR sejumlah Rp118,19 miliar, atau Rp30 per saham, dengan jumlah saham yang beredar saat ini adalah sekitar 3,93 miliar saham," ujarnya di gedung Bursa Efek Indonesi, Jakarta.

Suresh menyatakan, dividen akan dibayarkan pada akhir bulan Mei ini. Selain itu, laba bersih perseroan juga akan dialokasikan sebagai dana cadangan perusahaan. Sisanya, sebesar Rp496,53 miliar akan dibukukan sebagai laba ditahan.

"Perusahaan sengaja menahan laba, guna sebagai modal kerja perseroan yang nantinya bisa dipakai untuk ekspansi bisnis perseroan kedepannya," tuturnya.

Eks Wamenkeu jadi komisaris
Sementara itu, AKR Corporindo memutuskan untuk mengangkat mantan wakil menteri keuangan (wamenkeu) pada masa pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu, Mahendra Siregar menjadi komisaris .

Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu menyampaikan, pengangkatan telah disetujui para pemegang saham dalam RUPSLB.

Ia mengatakan Mahendra Siregar mengisi posisi Sabirin Saiman. Pertimbangannya track record dan pengalaman Mahendra yang mahir dalam bidang finance, seperti sudah menjadi wamenkeu dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Dengan bergabungnya Mahendra, kami berharap dapat arahan untuk melakukan good corporate governance," ujarnya.

Selain mengangkat komisaris yang baru, emiten yang berkode saham AKRA ini juga mengangkat Ter Murti Tiban menjadi direktur AKR Corporindo. Masa jabatan Ter Murti sebagai direktur perseroan yang baru sampai penutupan RUPS Tahunan di 2020.

Dengan adanya pergantian komisaris dan pengangkatan direksi perseroan yang baru, maka susunan dewan komisaris dan direksi sampai penutupan RUPS Tahunan di 2020 sebagai berikut:

Komisaris:

Presiden Komisaris: Soegiarto Adikoesoemo
Komisaris: Mahendra Siregar
Komisaris Independen: I Nyoman Mastra

Direksi:

Presiden Direktur: Haryanto Adikoesoemo
Direktur: Jimmy Tandyo
Direktur: Bambang Soetiono Soedijanto
Direktur Independen: Arief Budiman Utomo
Direktur: Mery Sofi
Direktur: Suresh Vembu
Direktur: Nerry Polim
Direktur: Ter Murti Tiban.

Jual Lahan, AKR Corporindo Kantongi Rp10,80 Triliun
Ilustrasi Nozzle BBM.

AKR Corporindo Segera Operasikan 20 SPBU

Ini untuk memperkuat jaringan pemasaran bahan bakar minyak.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016