Dukung Jokowi, Menteri PUPR Bangun Infrastruktur Pertanian

Sejumlah petani menanam padi di areal sawah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mendukung penuh program Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Merauke, Papua, sebagai lumbung pangan nasional, bahkan dunia.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher

Guna mewujudkan program tersebut, Kementerian PUPR akan membangun infrastruktur dasar untuk lahan persawahan hingga 1,2 juta hektare di Merauke. Kementerian PUPR melalui Ditjen SDA akan menyiapkan sarana prasarana dasar, seperti embung untuk menampung air.

"Kami buat saluran air untuk tampung hujan, supaya nanti bisa dipompa dan disalurkan ke irigasi," kata Basuki, seperti dikutip dari laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Senin, 11 Mei 2015.

Jokowi 'Semprot' Ahok Soal Serapan Anggaran

Basuki menjelaskan, kementerian yang ia pimpin sudah membangun sejumlah lokasi penampungan air di Merauke. Rencananya, tahun ini akan dibangun lahan persawahan seluas 7.000 hektare, dan untuk itu akan dibangun infrastruktur air dalam tiga tahun. Sebelumnya, sudah dibangun 120.000 hektare lahan sawah di Merauke.

Sebelumnya, saat berkunjung ke Merauke, Minggu, 10 Mei 2015, Jokowi melakukan penanaman padi menggunakan mesin tanam (transplanter). Jokowi mengatakan, Merauke memiliki potensi lahan sangat luas yang bisa dimanfaatkan untuk kawasan persawahan.

Gubernur BI Jamin ke Jokowi Inflasi 2016 Terkendali

"Pemerintah akan memberikan bantuan berupa benih, pupuk, dan traktor untuk mendorong supaya Merauke meningkatkan produksi beras," kata Jokowi.

(mus)

Presiden Jokowi saat Sosialisasi Tax Amnesty.

Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi

Deklasi harta atau aset 1.294 peserta dengan akumulasi Rp9,95 triliun.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016