DPR: Bangun Mentawai Butuh Dukungan Pusat

Anggota Komisi IV DPR, Hermanto
Sumber :

VIVA.co.id - Anggota Komisi IV DPR, Hermanto, berpendapat, untuk membangun Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, membutuhkan aparatur pemerintah yang bermental pejuang.

"Aparatur yang punya komitmen dan sanggup bersabar dalam membina serta membangun masyarakat," ujar Hermanto usai mengunjungi Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Pulau Sipora merupakan salah satu tempat yang dikunjungi dalam rangkaian kegiatan serap aspirasi di daerah pemilihan Sumbar 2-10 Mei 2015.

Pembangunan suatu daerah, dia melanjutkan, harus diawali dan disertai pembangunan masyarakatnya. "Keberhasilan pembangunan suatu daerah tergantung dari keberhasilan pembangunan masyarakatnya," katanya.

Di pulau tersebut, Hermanto berdialog dengan jajaran pemerintah di Kantor Bupati setempat dilanjutkan turun ke lapangan bertemu dengan tokoh masyarakat dan kelompok tani.

Tuti, salah satu tokoh di Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, menyarankan agar program bantuan untuk masyarakat harus diawali dan disertai dengan pembinaan. "Yang terjadi di sini, orang dibantu tapi tidak didampingi dalam pengelolaannya. Akibatnya, bantuan tersebut habis dalam waktu singkat," ungkapnya.

"Contohnya bantuan sapi. Hari ini diberi, besoknya sudah jadi uang. Tidak akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang," tuturnya.

Harapan pendampingan oleh aparat yang kompeten dinantikan juga oleh Wastam, ketua kelompok tani Tunas Baru, Desa Sido Makmur. "Kami sudah siapkan sepetak sawah untuk demplot tanaman padi agar dikelola oleh penyuluh.  Maksudnya kalau demplot itu hasilnya baik, kami bisa menirunya. Tetapi yang terjadi penyuluh tidak datang-datang," ujarnya.

Novriadi, kepala Dinas Tanaman Pangan, Perikanan dan Perkebunan setempat yang ikut dalam rombongan menyebutkan, penyuluh yang bertugas hanya satu orang menangani empat desa dan tidak dibekali alat transportasi. "Kebetulan penyuluh yang dimaksud tersebut sudah pensiun," ungkapnya.

Bupati Mentawai, Yudas Sibagalet, juga mengeluhkan perilaku penyuluh. "Penyuluh itu kalau sudah jadi PNS pengennya pindah ke tempat lain," katanya.

Hermanto meminta pemerintah pusat membantu menangani hal ini dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur dan sarana transportasi yang memadai. 

“Pembangunan infrastruktur di Kepulauan Mentawai sangat tertinggal dibandingkan daerah lain. Jalan hotmik hanya ada pada poros jalan utama.  Itu pun tidak panjang,” ungkapnya.

Alat transportasi yang cocok untuk aparat penyuluh adalah sepeda motor bagi di darat dan speedboat untuk menjangkau antar pulau. “Jalan yang bagus, pendek. Sepeda motor minim. Speedboat tidak ada. Bagaimana aparat mau betah,” ujarnya. (www.dpr.go.id)

Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR
Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016