Ketahui 5 Fakta Menarik dari Jerawat

jerawat wajah
Sumber :
  • istockphoto
VIVA.co.id -
Waspada Jerawat Kekinian Bisa Menyerang Siapa Saja
Semua orang dapat dikatakan sangat menghindari timbulnya jerawat di area wajah, ya apalagi para kaum hawa.

Tiga Tahap Menyamarkan Jerawat dengan Make-up

Dilansir laman
Tips Tetap Cantik saat Musim Hujan
Boldsky , jerawat timbul akibat sel kulit mati yang menumpuk dan tersumbat di pori-pori. Tidak hanya di area wajah, jerawat juga bisa timbul di bahu, dada, punggung danĀ  leher.


Meskipun jerawat tidak mengancam jiwa seseorang, tapi jika meninggalkan bekas, bisa mengganggu penampilan.


Tapi, tahukah Anda, terdapat beberapa fakta menarik dari jerawat. Apa saja?


Jerawat dan genetik


Jerawat ternyata berkaitan erat dengan genetik, selain juga dipengaruhi lingkungan. Jika punya keturunan wajah berjerawat, bisa dipastikan jerawat akan timbul dan meradang di permukaan kulit, terutama jika Anda tidak rajin membersihkan wajah.


Jerawat dan bakteri


Penyebab jerawat adalah bakteri Propionibacterium acnes yang hidup di permukaan kulit. Bakteri ini menyukai lingkungan yang berminyak dan akan berkembang biak di pori-pori dan bercampur dengan sel kulit mati yang menyumbat pori dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.


Jerawat dan stres


Stres juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Pasalnya, stres memicu sekresi kelenjar minyak yang bisa mempermudah timbulnya jerawat.


Jerawat dan eksfoliasi


Sebenarnya, melakukan pengelupasan atau eksfoliasi saat jerawat sedang meradang tidak dianjurkan. Hal ini hanya akan membuat jerawat semakin parah. Lakukan pengelupasan saat jerawat sudah mereda untuk membersihkan bekasnya.


Jerawat dan matahari


Tahukah Anda, paparan sinar matahari berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya dapat mencegah kehadiran jerawat, terlebih jika Anda sering melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya