Ingin Bahagia? Ikuti Rumus Matematika Ini

Ilustrasi wanita di pantai
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Apa yang membuat Anda bahagia? Pertanyaan tersebut biasanya diikuti dengan hal-hal menyenangkan seperti promosi karier, memenangi lotere atau bertemu orang terkasih. Namun, tidak demikian bagi Robb Rutledge.

Dilansir Metro.co.uk, ilmuwan dari Max Planck University College London Centre for Computational Psychiatry and Ageing Research itu menemukan rumus matematika agar tetap bahagia.

Begini rumus tersebut:

Formula Matematika Bahagia

Bingung? Jangan khawatir, VIVA.co.id akan menjabarkannya untuk Anda. Intinya, dari rumus tersebut, kebahagiaan tergantung dari tiga hal, pertama membuat keputusan aman yang menjamin hasil positif, diwakili dengan simbol CR.

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

Kedua, ekspektasi tinggi dari pilihan yang lebih berisiko (EV) dan ketiga, perbedaan antara hasil yang dialami secara nyata dan yang seharusnya Anda harapkan (RPE).

Contohnya, Anda telah mengatur jadwal untuk bertemu teman lama. Dari formula di atas, bahagia adalah antisipasi pertemuan dan kemungkinan bertukar kabar terbaru, yang dipengaruhi faktor EV berupa makanan lezat atau suasana café yang menyenangkan.

Namun pada kenyataannya, kebahagiaan bisa menurun jika makanan yang Anda pesan ternyata tidak enak atau suasana café hiruk pikuk, dan membuat Anda tidak nyaman berbagi cerita dengan teman lama.

“Intinya, Anda bisa lebih bahagia jika EV rendah dan CR serta RPE tinggi,” ujar Rutledge, yang dengan kata lain menyimpulkan bahwa ekspektasi yang rendah bisa membuat Anda lebih bahagia. (art)

Suku di Ethiopia

7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Beberapa suku yang memiliki tradisi unik dan aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh kamu karena sudah hidup di dunia modern.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022