Angkut BBM Sendiri, Pertamina Klaim Hemat US$22 Juta

Kapal berbendera Indonesia curi BBM
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Berton Siregar
VIVA.co.id
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?
- Untuk meningkatkan efisiensi, PT Pertamina (Persero) akan mengoptimalkan armada kapal miliknya untuk mengangkut pembelian bahan bakar minyak (BBM) dan minyak mentah.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Berdasar pengalaman kuartal I-2015, efisiensi dari penggunaan armada kapal  sendiri mampu memberikan penghematan yang cukup signfikan.
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE


“Untuk pembelian produk minyak dan minyak mentah, misalnya melalui pengambilan sendiri produk dengan kapal Pertamina, kami mampu memperoleh penghematan sekitar US$22 juta,” kata Wianda Pusponegoro,
Vice President Corporate Communication
Pertamina, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jumat 15 Mei 2015.


Dia menjelaskan, untuk melakukan efisiensi, di tengah menurunnya harga minyak, kinerja kuartal I-2015 memberikan pelajaran yang menarik.


Selain pengangkutan produk minyak dan minyak dengan menggunakan kapal sendiri. Pertamina juga melakukan sentralisasi pengadaan barang dan jasa penunjang kegiatan produksi dan non produksi migas hingga mampu menghasilkan penghematan US$27 juta.


Dia menuturkan, dua langkah tersebut telah memberikan penghematan pada kuartal I-2015 sekitar US$50 juta.


Menurutnya, pada 2015 penghematannya bisa empat kali lebih tinggi dari  yang dicapai pada kuartal I-2015. 


“Targetnya bisa mencapai US$200 juta untuk seluruh tahun 2015,” lanjut Wianda.

     

Dia memaparkan, Pertamina kini memiliki kapal pengangkut BBM, minyak mentah dan elpiji sekitar 200 kapal, terdiri dari 64 kapal milik sendiri dan 136 kapal sewa.


Dia menambahkan, untuk peningkatan efisiensi, Pertamina akan menambah 26 kapal milik sendiri, sehingga total menjadi 90 kapal milik sendiri untuk mengangkut BBM, minyak mentah dan elpiji.


"Dengan makin bertambahnya kapal sendiri, diharapkan Pertamina mampu meningkatkan daya saing penjualan BBM dan elpiji," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya