Ternyata, Pria Cari Pasangan yang Mirip Ibunya

Ilustrasi pasangan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Banyak pria yang memimpikan pasangan yang mirip dengan ibunya. Tidak percaya? Kesimpulan itu diambil dari penelitian Urszula Marcinkowska, Ph.D., psikologi evolusioner di Finlandia.

Terlalu Ramah pada Orang Lain Bisa Bikin Hubungan Retak

Dia melakukan riset pada 70 pria dan wanita, dan membandingkan wajah pasangan para partisipan dengan orangtua masing-masing.

Mereka menemukan hasil yang cukup mengejutkan, yakni untuk pria, mereka memilih wanita yang memiliki kemiripan secara signifikan dengan ibu mereka. Sementara wanita memilih pasangan yang tidak menyerupai ayah mereka.

"Tidak ada yang tidak wajar jika seorang pria tertarik pada wanita yang menyerupai ibunya," kata Marcinkowska, seperti dilansir dari Mens Health.

Alasannya, lanjut Marcinkowska, evolusi dan seleksi alam telah memprogram Anda, para pria, untuk mencari pasangan yang punya kedekatan batin. Karena kontak awal paling dekat dengan Anda adalah dengan ibu Anda sendiri, ia menjadi ‘cetakan’ yang Anda gunakan ketika Anda mencari pasangan.

Dia menambahkan, ayah tidak seberapa berdedikasi untuk anak. Oleh karenanya, ayah jarang jadi preferensi pasangan untuk anak perempuan.

"Yang perlu diingat, bahwa koneksi ibu dan anak tidak berhenti pada penampilan. Hubungan Anda dengan ibu Anda akan memainkan peran besar dalam seberapa baik Anda terhubung dengan wanita di kemudian hari," kata sosiolog Michael Kimmel, Ph.D.

Kimmel menambahkan, pria yang penyayang dan romantis, cenderung punya hubungan yang sehat dengan ibunya.

Tapi bila Anda memiliki hubungan yang tidak baik dengan ibu dan melihatnya sebagai orang yang kasar, secara tidak sadar akan tetap mencari wanita yang sama seperti pada pasangan ibu dan anak yang romantis.

"Mengapa? Karena Anda mencoba untuk memperbaiki hubungan Anda dan ibu yang rusak, pada saat Anda menemukan perempuan yang sama seperti ibu Anda. Tapi itu hampir tidak pernah berhasil," jelas William Pollack, Ph.D dari Cambridge Health Alliance dan Harvard Medical School.

Pria lajang.

Manfaat Hidup Melajang Menurut Penelitian

Orang berstatus lajang lebih mandiri dan dekat dengan keluarga.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016