Tips Mempersiapkan Pesta Ultah Anak Sesuai Bujet

Pesta ulang tahun untuk Anak
Sumber :

VIVA.co.id - Ingin merayakan ulang tahun anak, tetapi memiliki bujet terbatas? Tidak masalah.

Dengan beberapa tips berikut ini, Anda tetap bisa menyelenggarakan pesta ulang tahun yang tidak terlupakan untuk buah hati dengan biaya terjangkau.

Banyak cara untuk membahagiakan buah hati. Salah satunya dengan membuatkan pesta meriah di hari ulang tahunnya. Hal ini, tentu tidak jadi masalah kalau Anda bergelimang uang.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Lihat saja, Katie Holmes dan Tom Cruise. Saat masih bersama, keduanya merogoh kocek sekitar US$100 ribu untuk merayakan ulang tahun Suri Cruise  yang ke-2. 

Pasangan David dan Victoria Beckham, bahkan menghabiskan US$187 ribu untuk membangun rumah mainan di pesta ulang tahun putra mereka, Brooklyn, yang ke-6. Rumah mainan loh, bukan rumah betulan.

Anda mungkin bukan superstar dengan penghasilan miliaran, tetapi Anda tetap bisa membuat pesta ulang tahun yang berkesan untuk buah hati tercinta. Berikut, beberapa tips yang akan mewujudkan harapan Anda.

1. Event organizer

Lupakan jasa event organizer! Untuk menghemat biaya, Anda harus mau meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk merancang pesta ulang tahun anak. Tak perlu khawatir akan kekurangan ide. atau bahan. Dengan satu klik, Anda bisa mendapatkan segudang informasi di internet.

2. Waktu

Kunci dari suksesnya sebuah acara adalah persiapan. Persiapkan pesta ulang tahun anak dari jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan begitu, Anda memiliki waktu untuk menghitung dengan cermat apa saja yang dibutuhkan dan bisa mencari barang-barang yang lebih murah.

3. Undangan

Jika merasa cukup kreatif, Anda bisa membuat undangan sendiri. Atau, buat saja undangan secara online. Banyak situs yang menyediakan jasa free online invitations, seperti www.smilebox.com dan www.punchbox.com.

4. Makanan

Tak perlu memikirkan aneka makanan dan minuman yang mewah. Ingatlah bahwa tamu utama Anda adalah anak-anak dan mereka tidak punya tuntutan terlalu tinggi terhadap konsumsi.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Sebagai contoh, jika menyelenggaran pesta ulang tahun dengan tema outdoor, Anda cukup menyediakan hotdog dan hamburger sebagai hidangan. Tambahkan air putih, atau punch sebagai penyegar.

5. Tempat

Menyewa tempat, artinya mengeluarkan uang lebih banyak. Karena itu, pilihlah tempat yang gratis, seperti rumah sendiri. Memang Anda akan lebih repot dan lebih lelah, tapi itulah “harga” yang harus dibayar untuk mendapatkan pesta yang meriah.

Jika rumah sendiri tidak memungkinkan, tidak ada salahnya mencoba meminjam rumah orangtua, rumah teman, atau rumah saudara. Pilihan lain, Anda bisa mencari lokasi outdoor yang biasa dipakai untuk piknik. Umumnya, tempat seperti itu tidak membutuhkan biaya besar, bahkan bisa gratis.

6. Perlengkapan pesta

Jika merencanakan pesta dengan jumlah tamu yang banyak, mungkin Anda tidak memiliki perlengkapan yang memadai. Misalnya kursi, meja, karpet, atau peralatan makan. Sebelum buru-buru memutuskan untuk membeli, atau menyewa, cobalah untuk mencari pinjaman dulu. Bisa ke tetangga, saudara, atau teman lainnya.

7. Acara

Mau Investasi Emas? Ini Keuntungannya

Karyakan anggota keluarga dan teman dekat untuk meramaikan acara ulang tahun anak. Jika ada kenalan yang Anda tahu pintar bercerita, mintalah dia untuk mendongeng.

Atau, buatlah permainan-permainan luar ruangan yang seru dengan meminta tolong teman sebagai pemimpinnya. Penampilan sulap memang seru dan menarik, tetapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sebagai gantinya, cobalah beberapa trik sulap sederhana di internet. Latihan dulu beberapa kali sebelum menampilkannya di depan anak-anak.

Alternatif lainnya, buatlah semacam percobaan, atau eksperimen sains yang menarik. Pasti seru dan tidak membutuhkan banyak biaya.

8. Kue ulang tahun

Jika memungkinkan, buatlah kue ulang tahun sendiri. Jangan mempermasalahkan penampilan kue yang mungkin tidak terlihat wow, seperti kue keluaran bakery terkenal.

Sentuhan pribadi justru akan membuat kue Anda terlihat jauh lebih istimewa.

Tidak bisa membuat kue sama sekali? Cobalah memesan pada saudara, atau teman. Harganya pasti lebih rendah dibandingkan beli di toko.

9. Bingkisan

Goody bag termasuk hal yang ditunggu-tunggu. Meski begitu, jika biaya Anda sangat minim, Anda tidak perlu memberikan bingkisan untuk dibawa pulang pada anak-anak.

Acara yang seru dan menyenangkan pasti sudah lebih dari cukup untuk membuat para tamu pesta terkesan. Tetapi, jika memang ada dana, boleh juga mempersiapkan goody bag sederhana.

Membeli isi goody bag ke tempat grosiran, seperti Pasar Asemka, atau Mangga Dua, tentu jauh lebih masuk akal dibanding mal. Anda juga bisa mencoba mencari-cari souvenir murah di internet.

Dengan banyaknya persiapan yang harus dilakukan, usahakan untuk tidak menyiapkan pesta secara mendadak agar Anda punya cukup waktu untuk mencari barang murah, tetapi berkualitas.

Selamat Berpesta!  (asp)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016