Indonesia Masuk Destinasi Favorit Turis Tiongkok

Wisata Kintamani
Sumber :
  • Antara/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Pemerintah menargetkan 12 juta turis asing ke Indonesia pada tahun 2015. Target tersebut disambut baik sejumlah asosiasi pariwisata Indonesia. Sebab, faktanya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia naik sekitar 3,51 persen.

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Kosmian Pudjiadi membenarkan bahwa kuartal pertama tahun 2015 ini angka wisatawan mancanegara meningkat. Wisatawan asal Tiongkok juga turut mengalami peningkatan.

"Saya kira sama dengan model wisatawan kita jika ke luar negeri, masih hati-hati membelanjakan uangnya. Istilahnya, minibar di hotel saja tidak dibeli. Lalu masa tinggalnya juga tidak lama, total 5-6 hari saja. Dua hari bisa di Ubud, dua hari di Kuta, dua hari ke mana lagi? Mereka diatur oleh tour operator-nya,” kata Kosmian Pudjiadi dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 17 Mei 2015.

Menurut Kosmian, keindahan dan eksotisme Indonesia bisa menjadi bahan perbincangan di Tiongkok. Paling tidak Indonesia sudah mulai masuk dalam daftar dan perbincangan kelompok menengah Tiongkok yang jumlahnya makin besar.

Sementara itu Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Didin Junaedi optimistis, sektor pariwisata benar-benar akan menjadi andalan pengungkit ekonomi yang handal. Sejak akhir 2014, ada perubahan besar dalam pola promosi pariwisata, dan dampaknya sudah terasa saat ini.

“Dulu longhoul terus, sekarang fokus menggenjot pasar Asia. Saat ini mulai terasa gelombangnya,” kata Didin.
 
Turis originasi Asia, terutama China mulai naik, dan trennya terus meningkat. Kemudian, penambahan negara bebas visa menjadi total 45 dinilainya sebagai langkah yang baik.

Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata

“Itu tanda-tanda daya saing pariwisata Indonesia akan semakin meroket. Mudah akses regulasinya memudahkan orang untuk dengan perencanaan pendek terbang ke Indonesia,” ujarnya.

Peluncuran Paket Wisata Maumere

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia

Ada serangkaian acara yang akan diadakan di Maumere.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016