Tips Jitu Memasak Pasta Lezat

Ilustrasi spaghetti
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
- Pasta. Mendengarnya saja Anda pasti akan meneteskan air liur. Makanan pokok orang Italia yang digemari di seluruh dunia ini sepintas memang mudah dibuat. Tinggal direbus di dalam air mendidih dan setelah matang tinggal tambahkan saus favorit. Namun, banyak kesalahan yang bisa dilakukan seseorang saat memasak pasta.

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Percaya lah, sedikit kesalahan pun akan mempengaruhi hasil pasta yang Anda hidangkan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tips dan triknya.

Kota di Italia Ini Keluhkan Serbuan Restoran Makanan Asing
Berikut ini adalah beberapa tips memasak pasta lezat seperti yang dilansir dari Start Cooking. 

Menggunakan banyak air

Cara memasak pasta yang benar adalah dengan menggunakan banyak air, kira-kira sekitar empat liter untuk 500 gram pasta. Jika air yang Anda gunakan terlalu sedikit maka pasta akan menempel di dasar panci.

Menggunakan air yang mendidih

Pasta harus dimasak dalam air yang mendidih. Jadi, ketika air sudah dalam keadaan mendidih pasta harus segera dimasukkan. Hal tersebut agar kematangan pasta pas dan tidak terlalu lembek. Jangan lupa untuk mengaduk terus pasta agar matangnya merata dan tidak menempel pada panci.

Jangan mencampur dua jenis pasta

Jangan pernah merebus dua jenis pasta yang berbeda dalam satu panci. Itu karena setiap jenis pasta memiliki ukuran dan ketebalan yang berbeda sehingga membutuhkan waktu masak yang juga berbeda. 

Jangan mencampur garam dan minyak ke dalam air

Kesalahan yang biasa dilakukan orang saat memasak pasta ialah menambahkan garam dan minyak ke dalam air yang digunakan untuk merebus pasta. Perlu diketahui bahwa pasta tidak dapat menyerap garam layaknya kentang. Lagipula, pasta nantinya akan dihidangkan bersama saus yang sudah memiliki banyak rasa. Begitu pula dengan minyak, karena saus yang akan Anda sajikan bersama pasta tidak akan menempel dengan baik jika pasta mengandung minyak.

Jangan menggunakan air dingin

Jangan membilas pasta yang baru matang dengan air dingin. Hal ini akan membuat pasta tak lagi panas sehingga saus tidak akan menempel dengan baik di permukaannya.

Masak pasta bersama saus

Kesalahan umum lainnya adalah menyajikan pasta polos dan menyiramnya dengan saus di atas piring. Masak lah pasta bersama sausnya terlebih dahulu. Itu akan membuat pasta menyerap seluruh cita rasa dalam saus secara merata.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya