4 Murid SMA Indonesia Raih Penghargaan Internasional di AS

Ilustrasi ilmuwan.
Sumber :
VIVA.co.id
Yuk, Coba Sensasi Wahana Misi ke Bulan di Mal Ini
- Ilmuwan muda Indonesia meraih dua grand awards bergengsi dalam Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2015 yang digelar di Kota Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).

Ini Cara Pengaruhi Anak-anak Semangat Pelajari Bulan

Penghargaan pertama diraih Luca Cada Lora dan Galih Ramadhan dari SMA Negeri 1 Surakarta, Jawa Tengah. Mereka mendapatkan penghargaan grand awards di bidang Material Sciences, lewat karya ilmiah berjudul “An Inorganic Nature of Heavy Metals Absorbent” atau penyaring logam berat dari abu vulkanik.
Mereka-reka Bentuk Manusia di Masa Depan


Kategori kedua diraih I Dewa Ary Palguna dan I Kadek Sudiarsana dari SMA Negeri Bali Mandara Singaraja, Bali, dengan karya ilmiah “The Motifs Development of Gringsing Sarong” memperoleh grand awards di kategori Mathematics.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, berharap agar para pemenang bisa menjadi Inspirasi bagi anak muda lainnya di Indonesia.


"Mereka pemenang tidak hanya membawa melati yang harum, tai juga nama baik indonesia" kata Anis di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin 18 Mei 2015.


Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iskandar Zulkarnain, mengatakan mereka yang ikut kompetisi tingkat internasional itu sebelumnya telah mengikuti kompetisi tingkat nasional.


Luca Cada Lora dan Galih Ramadhan merupakan dua ilmuwan muda yang tergabung dalam satu tim sebagai pemenang dari Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diselenggarakan oleh LIPI pada  2014.


Sementara I Dewa Ary Palguna dan I Kadek Sudiarsana yang juga tergabung dalam satu tim merupakan pemenang dari Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun yang sama.


Keempat pelajar tersebut berkompetisi di AS pada 10 hingga 15 Mei 2015, bersama dengan delapan ilmuwan muda lain sebagai pemenang dari LKIR dan OPSI. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya