DPR Dorong Pemerintah Selamatkan Warga Rohingya

Fadli Zon
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Masalah kemanusian pengungsi Rohingnya kini tengah menjadi sorotan berbagai pihak, tidak hanya masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat dunia.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Ribuan pengungsi tersebut kini terdampar di Aceh yang saat ini sedang ditempatkan di Tempat Pelelangan Ikan Kuala Cangkoi Aceh Utara. Mereka berlabuh di Aceh setelah berminggu-minggu terapung di lautan. Dengan fasilitas yang masih sangat minim, para pengungsi Rohingnya masih memerlukan banyak bantuan makanan dan obat-obatan.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Atas kejadian tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyatakan keprihatinannya.


"Saya turut prihatin dengan situasi yang menimpa saudara-saudara kita masyarakat Rohingnya. Sebagai warga masyarakat dunia, secara kemanusiaan kita wajib memberikan pertolongan. Untuk jangka pendek, pemerintah Indonesia harus membantu menyelamatkan ribuan nyawa yang membutuhkan bantuan kemanusiaan," kata Fadli Zon, di Jakarta, Selasa 19 Mei 2015.


Menurutnya, Indonesia harus proaktif mendorong penanganan bagi para pengungsi tersebut.


“DPR melalui komisi I akan mendorong pemerintah Indonesia untuk bisa proaktif menyelesaikan masalah Rohingnya ini dalam kerangka ASEAN. Walaupun ada prinsip non-interference terhadap urusan politik dalam negeri anggota ASEAN, dikarenakan dampaknya sudah dirasakan negara lain, maka hemat saya harus ada tindakan yang lebih tegas dari ASEAN untuk menyelesaikan permasalahan Rohingnya ini. Atas nama kemanusiaan dan stabilitas kawasan, semua pihak harus aktif mencari solusi. Isu ini memang perlu perhatian bersama," katanya.


Pemerintah, ASEAN, maupun masyarakat sipil bisa menghadirkan solusi atas permasalahan Rohingnya ini, kata Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI yang mengkordinasikan tugas Komisi I, II, dan III.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya