VIDEO: Kisah Unik di Balik Kereta Cepat Shinkansen

Shinkansen
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Siapa pun yang pernah bepergian ke Negeri Sakura pasti pernah menyempatkan diri untuk menaiki Shinkansen atau kereta cepat Jepang. Kereta yang dilengkapi teknologi mutakhir itu menjadi kebanggaan masyarakat Jepang karena kecepatannya dan selalu datang tepat waktu.

Pelaku Bom Brussels Pernah Kerja di Parlemen Eropa

Kereta ini pun menjadi salah satu alat transportasi utama di Tokyo dengan jumlah penumpang hampir mencapai 400 ribu orang setiap harinya.

Tetapi tak hanya itu yang menarik dari Shinkansen. Bagi yang pernah naik kereta ini pasti menyadari betapa bersih dan terawatnya kondisi kereta terlebih lagi soal interior. 
Ledakan di Stasiun Belgia Berasal dari Depan Kereta

Lalu jika dalam sehari terdapat 323 kereta yang berangkat dari Tokyo, kapan petugas kebersihan punya waktu untuk membersihkannya?
KAI Masih Periksa Penyebab Anjloknya Kereta di Tanah Abang

Dilansir dari Rocketnews24, ada tim petugas kebersihan khusus yang selalu siap membersihkan kereta dengan waktu tujuh menit per kereta. Itu diungkapkan dari sebuah video yang beredar di YouTube berjudul 7-Minute Miracle.

Dalam video itu dijelaskan secara detail langkah-langkah yang dilakukan petugas kebersihan Shinkansen dari bagian hidung hingga ekor kereta di sela-sela waktu kedatangan dan keberangkatan di stasiun.

Sebelum kereta datang, tim petugas kebersihan telah berbaris di peron dan siap melakukan tugas mereka. Itu dilakukan agar tidak ada waktu yang terbuang sedikit pun.

Saat kereta datang, mereka langsung memasuki gerbong dan mulai membersihkan seluruh interior kereta dengan cepat. Setiap satu orang petugas kebersihan bertanggung jawab untuk membersihkan satu gerbong kereta yang berisi sekitar 100 kursi. Untuk membersihkan satu baris yang terdiri dari enam kursi, petugas membutuhkan waktu sekitar 12 detik. 

Mereka akan memungut sampah, membersihkan meja dengan kain pembersih, memastikan seluruh penutup jendela dibuka, menyapu lantai serta memeriksa apakah ada barang milik penumpang yang tertinggal. 

Tentu saja dengan teknologi yang super canggih, kereta ini memiliki tombol rahasia yang jika ditekan akan membuat seluruh kursi di dalamnya berbalik arah sehingga kereta bisa langsung berangkat tanpa membuang banyak waktu.

Setelah seluruh gerbong kereta bersih, petugas kebersihan pun kembali turun dan berbaris seraya membungkuk bersama. Mereka lantas kembali bersiap untuk membersihkan kereta berikutnya yang akan segera datang dalam waktu beberapa menit saja.

Dalam satu sif, setiap petugas yang rata-rata membersihkan total 20 gerbong kereta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya