Ini Alasan Orangtua Tak Boleh Bertengkar di Depan Anak

Ilustrasi orangtua bertengkar di depan anak
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca
- Setiap pasangan pasti memiliki rintangan dan masalah masing-masing ketika menjalani kehidupan rumah tangga. Jika hal tersebut terjadi, pertengkaran memang tak bisa dihindari. Namun, seberat apa pun masalah yang tengah Anda hadapi bersama pasangan, tidak ada alasan untuk bertengkar di depan buah hati Anda.

Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
Banyak pasangan suami istri yang mengawali kebiasaan buruk tersebut dengan pertengkaran-pertengkaran kecil. Tanpa disadari mereka terbiasa bertengkar di depan anak-anak.

Pelajaran Moral dan Budaya dalam Kurikulum Sekolah
Hal ini tentu saja berbahaya bagi perkembangan mental mereka. Banyak anak yang menderita dan stres melihat orangtua mereka yang tak henti-hentinya bertengkar. Bukan itu saja, masih banyak dampak buruk lainnya yang tidak disadari oleh banyak orang.

Untuk itu ketahui dampak buruk bertengkar dengan pasangan di depan si kecil seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

Takut

Salah satu efek pertama yang akan dialami buah hati Anda saat menyaksikan orang tuanya bertengkar ialah rasa takut. Mereka mungkin saja mengetahui atau bisa juga tidak mengetahui alasan di balik pertengkaran Anda dan pasangan, yang pasti anak akan mengerti bahwa ada sesuatu yang salah yang terjadi di antara orang tuanya. 

Mereka juga memahami bahwa sedang terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Pertengkaran yang ia saksikan apalagi terjadi terus menerus bisa membuat si kecil terintimidasi dan dalam kasus yang parah bahkan akan membuatnya trauma.

Contoh yang salah

Bertengkar dengan pasangan di depan anak akan memberikan mereka contoh yang salah. Mereka bisa meniru sikap atau perilaku buruk yang dilakukan orangtuanya saat bertengkar. Hal tersebut pun akan terjadi hingga mereka tumbuh dewasa. Mereka bisa menjadi seseorang yang agresif dan cepat emosi.

Memihak

Pertengkaran orangtua yang dilakukan di depan anak akan menciptakan musuh bagi mereka. Ya, anak cenderung memihak salah satu dari ayah atau ibu dan membentuk opini tertentu mengenai orang tua. Bukan tidak mungkin lama kelamaan anak akan membenci salah satu dari orangtuanya.

Kenangan buruk

Anak berisiko memiliki kenangan masa kecil yang buruk jika mereka terus menerus menyaksikan pertengkaran kedua orangtuanya. Mereka juga akan merasa malu, sedih hingga trauma ketika berpikir orangtuanya tidak akur.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya