Waktu Penyesuaian Harga Pertamax Disesuaikan dengan Premium

Harga Baru BBM
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?
- PT Pertamina menyatakan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi jenis pertamax akan mengikuti penyesuaian harga BBM bersubsidi premium dan solar.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, Rabu 20 Mei 2015, mengatakan Pertamina akan melihat skema penentuan harga pertamax disamakan dengan harga premium dan solar yang ditetapkan setiap tiga, atau enam bulan.
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE


"Kemungkinan kami akan melihat itu bagaimana potensinya dan kami tetap berkoordinasi dengan pemerintah. Nanti kami lihat, kami perhatikan," kata Dwi di sela-sela acara "
The 39th IPA Convention and Exhibition
" di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.


Dirjen Minyak dan Gas Bumi, IGN Wiratmadja Pudja, mengatakan pemerintah mendapat usulan, agar harga pertamax dibuat lebih stabil, seperti harga premium dan solar.


Meski begitu, pemerintah tidak bisa mencampuri penentuan harga BBM non subsidi itu. Sebab, penentuan harga BBM non subsidi merupakan wewenang Pertamina.


"Itu urusan korporasi. Terserah Pertamina," katanya di tempat yang sama.


Seperti diketahui, pemerintah dan Pertamina tengah mempersiapkan formula khusus harga BBM yang lebih dapat menjaga situasi ekonomi sosial. Pemerintah mengkaji penyesuaian harga dengan periode antara tiga sampai enam bulan, sehingga tidak membingungkan masyarakat.


Pemerintah dan Pertamina sedang mengkaji pola penetapan harga BBM yang mempertimbangkan sosial ekonomi masyarakat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya