Pameran Keris DPR Disambut Antusias

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam acara pameran keris nusantara di DPR
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Suasana Gedung Nusantara IV MPR/DPR/DPD RI tampak ramai dipadati  kerumunan orang yang sedang menunggu pembukaan pameran keris. Diantara mereka hadir kolektor, Anggota Serikat Nasional Keris Indonesia (SNKI), bahkan beberapa anggota DPR yang tengah menunggu kehadrian Wakil Ketua DPR Fadli Zon untuk meresmikan pembukaan pameran.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Sekitar pukul 13.15 WIB, Rabu 20 Mei 2015, Fadli Zon tiba bersama Ketua DPR, Menteri Pariwisata yang diwakili Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Ketua SNKI Erman Soeparno dan Haryono Haryoguritno sebagai tokoh keris Nasional.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Dalam sambutannya, Fadli Zon mengatakan bahwa keris merupakan intangible heritage of humanity yang harus dibanggakan sebagai warga Indonesia dan harus terus dilestarikan ke setiap generasi.


“Kalau kita lihat, mulai dari Bung Karno, kemudian Bung Hatta, Pangeran Diponegoro dan hampir semua pemimpin Indonesia memiliki keris. Keris tidak hanya sebagai senjata, tetapi juga perpaduan seni, pahat, ukir dan identik dengan budaya tokoh Indonesia," ujar Fadli.


Sementara itu Haryono Haryoguritno yang merupakan tokoh keris nasional bercerita tentang sejarah dan variasi keris yang berkembang sejak dulu. Dan Erman Soeparno yang merupakan ketua SKNI lebih menekankan fungsi keris dari sisi ekonomi. 


“Dari sisi ekonomi, keris membuka peluang yang besar pagi para pengrajin usaha kecil menengah untuk dapat memasarkan produknya," ujar Erman.


Acara dilanjutkan dengan pemotongan tali ruangan pameran, tanda bahwa pemeran tersebut telah resmi dimulai. Diantara berbagai macam keris yang terpampang rapih di ruang display, terdapat pula keris milik Fadli Zon, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Politisi PKB Lukman Edy dan Pengacara Adnan Buyung Nasution.


“Pameran (keris) ini akan berlangsung hingga hari Minggu," kata Fadli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya