Mantan Bos Garuda Resmi Pimpin Situs Belanja Matahari

Mantan Dirut Garuda Emirsyah Satar
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Platform Ini Khusus untuk Belanja Produk Kesehatan
- Mantan bos maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Emirsyah Satar resmi ditunjuk menjadi
Chairman
Nielsen: Optimisme Konsumen Online Indonesia Meningkat
MatahariMall.com. Perusahaan itu merupakan situs belanja online milik Lippo Group, yang didirikan guna mendukung pemasaran produk ritel Matahari Department Store
Alibaba Cetak Rekor Transaksi Tiga Triliun Yuan
dan Hypermart.

Direktur Grup Lippo, John Riady dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu malam 20 Mei 2015 meyakini, dengan segudang pengalaman yang dimiliki Emirsyah, perusahaan e-commerce ini bisa merajai perdagangan online yang sedang tumbuh di Indonesia.  

"Kami yakin Emirsyah Satar beserta pengalamannya yang luas di berbagai industri dapat memberikan perspektif yang bernilai dan unik bagi MatahariMall," ujarnya. 

Emirsyah, menurutnya, diharapkan dapat memperkuat tim MatahariMall yang sudah terbentuk, yaitu terdiri atas, Chief Executive Officer (CEO), Hadi Wenas dan Vice Chairman Rudy Ramawy. 
 
Dia berpendapat, Grup Lippo masuk ke ranah e-commerce di saat yang tepat karena ekosistem digital Indonesia sedang berada di titik critical inflection. Tahun ini, penetrasi internet diperkirakan akan melampaui 30 persen. 

Sedangkan, jumlah penjualan ritel online hanya sebesar 0.7 persen dari total penjualan ritel, namun diproyeksikan akan tumbuh sepuluh kali lipat dalam lima tahun mendatang, ritel online sedang tumbuh pesat di luar Jakarta.  

Pada Maret 2015, Lippo mengumumkan penanaman modal sebesar US$500 juta untuk membangun perusahaan e-commerce. Saat ini transaksi penjualan telah mencapai US$1 miliar, merupakan yang terbesar di Indonesia dan diklaim akan menjadi Alibaba versi Indonesia.
 
"Saya percaya bahwa penetrasi internet yang tumbuh pesat akan berpengaruh pada perkembangan e-commerce, menjadikannya sebagai salah satu penyetara ekonomi yang paling efektif di Indonesia," ungkapnya. 

Selain menyajikan ragam pilihan produk terbesar, MatahariMall ditunjuk sebagai satu-satunya (eksklusif) situs belanja yang akan menjual produk dari sejumlah merek terpopuler di Indonesia. 

MatahariMall juga merupakan perusahaan e-commerce O2O (Online-to-Offline) terbesar di Asia Tenggara, yang memungkinkan para pelanggan untuk membayar, mengambil, dan mengembalikan produk di 132 cabang Matahari Department Store yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai Informasi, setelah menyelesaikan gelar sarjana akuntansi dari Universitas Indonesia dan program akademik di Sorbonne University Paris, Emirsyah Satar memulai karirnya di industri keuangan sebagai auditor di Price Waterhouse Cooper. 

Setelah itu, dalam waktu yang singkat, dia menduduki posisi penting di beberapa perusahaan multinasional seperti Citibank N.A, Jan Darmadi Group, Niaga Finance, Hong Kong dan Bank Danamon Tbk. 

Pada tahun 1998, dia kembali ke Indonesia untuk menjadi EVP Finance (CFO) Garuda Indonesia, dan berperan penting dalam proses restrukturisasi keuangan maskapai yang terjadi pada tahun 2001. Kemudian pada tahun 2003, Emirsyah Satar meninggalkan Garuda Indonesia untuk menjabat sebagai Deputy CEO Bank Danamon. 

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2005, ia kembali bergabung bersama Garuda Indonesia sebagai Presiden dan CEO Garuda Indonesia, dan mencatat sejarah sebagai CEO termuda di Asia Pasifik dalam industri penerbangan. Di bawah kepemimpinannya, maskapai ini mendapatkan berbagai penghargaan dari institusi terkemuka di seluruh dunia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya