Kenaikan Outlook S & P Berpotensi Dorong IHSG

Suasana di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari
VIVA.co.id
Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
- Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini kemungkinan akan berlanjut. Namun berpotensi masih dibayangi aksi ambil untung pelaku pasar modal.

Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan

"Pada perdagangan Jumat, IHSG diperkirakan akan berada pada rentang support 5270-5288 dan resisten 5325-5350," ujar analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, kepada VIVA.co.id, Jumat, 22 Mei 2015.
IHSG Bertengger di Zona Hijau, Beli Saham Kapitalisasi Besar

Menurutnya, fluktuasi saham yang terjadi kemarin, mampu dihadang dengan adanya berita kenaikan peringkat outlook rating surat utang pemerintah oleh Standard & Poor (S & P) dari stabil ke positif. 

"Laju IHSG kemarin kembali mampu bertahan di zona hijau meski sepanjang intraday perdagangan cenderung variatif dan bahkan sempat membuat kami khawatir dengan pembalikan arah melemah yang sempat terjadi," tuturnya.

Adanya berita pembagian dividen dari beberapa emiten juga mampu membalikan animo pelaku pasar.

"Arah IHSG yang sebelumnya sempat ilang mood, secara perlahan mampu kembali dan membuat laju IHSG kembali berbalik ke zona hijau," ujarnya.

Namun, dirinya tetap mewaspadai potensi pembalikan arah melemah. Meskipun kinerja investor asing cenderung positif dari net sell Rp100,06 miliar menjadi net buy Rp323,04 miliar.

"Akan tetapi, belum tentu menjamin penguatan ini dapat bertahan jika masih diiringi besarnya aksi ambil untung," ujar dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya