BPPT Kembangkan Beras Analog, Apa Bahan Bakunya?

Ilustrasi beras
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen
- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah mengembangkan beras tiruan atau beras analog yang dibuat dari bahan baku lokal. Beras analog ini diklaim menyehatkan dan tidak mengandung bahan kimia seperti beras yang berbahan baku plastik yang diduga banyak beredar di pasar Indonesia saat ini. 

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan
Dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet (setkab.go.id), Senin 25 Mei 2015, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi, Listyani mengatakan, bahan baku beras tiruan ini berasal dari jagung dan ubi-ubian yang tumbuh subur di Indonesia. 

Alasan Mentan Curiga Ada Mafia Beras
"Beras ini berasal dari jagung, ubi kayu, dan atau sagu, sehingga dijamin aman bahkan mempunyai manfaat kesehatan seperti indeks glikemik rendah," kata dia. 

Menurut Listyani, meskipun sama-sama tiruan, beras analog sangat berbeda dengan beras plastik. Karena, dalam jangka pendek beras plastik dapat menyebabkan keracunan, dan dalam jangka panjang akan merusak organ-organ tubuh seperti ginjal serta organ pencernaan.

Sementara itu, beras analog yang dikembangkan BPPT sama sekali tidak menggunakan bahan baku kimia, sehingga tidak mengganggu kesehatan. Karena itu, di samping teknik proses produksinya terus dikembangkan, diseminasi teknologi juga telah dilakukan melalui pelaku usaha (UKM) di beberapa daerah.

"Yang paling penting, beras analog ini menggunakan bahan baku lokal, sehingga mengurangi ketergantungan akan pangan impor, termasuk impor beras," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya