Suara 'Sangkakala' Dipastikan Bukan dari Luar Angkasa

Langit berlubang.
Sumber :
  • http://exotize.blogspot.com/
VIVA.co.id
The Hum, Suara Misterius dari Dalam Bumi
- Warga dunia tengah dihebohkan dengan suara misterius mirip suara terompet. Suara misterius itu kemudian disebut sebagai suara 'sangkakala'.

VIDEO: Suara 'Aneh' Mirip Terompet di Langit Jakarta

Menariknya, suara terompet itu banyak didengar warga di berbagai negara di belahan dunia. Melansir
Ini Dia Suara Misterius yang Terjadi Pada Tubuh Anda
The Inquirer, laporan munculnya suara misterius itu ada dari Kanada, Ukraina, Belarus, Amerika, Australia, Jerman dan sejumlah negara lain.

Terkait hal ini, Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menjelaskan suara misterius itu tak muncul dalam waktu serentak di berbagai negara yang disebutkan.


"Itu seolah serentak, tapi itu kasusnya beda terpisah dan dengung suara yang muncul juga berbeda. Kasus itu tak terjadi bersamaan dan itu bersumber dari sumber lokal," kata Thomas kepada
VIVA.co.id,
Selasa 26 Mei 2015.


Mengenai penyebab suara misterius itu, doktor jebolan Kyoto University, Jepang itu mengatakan terjadi akibat proses aktivitas manusia atau fenomena alam.


Soal fenomena alami, suara misterius yang muncul, kata Thomas, bisa muncul dari interaksi antara angin dan lingkungan sekitar. Sedangkan dari sisi aktivitas manusia, suara bisa muncul dari beragam penyebab.


Di antaranya bisa saja dari peralatan dari industri pabrik, fasilitas penelitian dan lainnya. Ia menyontohkan, fasilitas LAPAN di Kotatabang, Agam, Sumatera Barat memiliki alat pendeteksi yang menimbulkan suara aneh.


"Pada fasilitas itu ada radar atmosfer. Fasilitas itu mengeluarkan suara keras sekali seperti suara harimau mengaum," kata dia.


Bagi masyarakat awam di sekitar fasilitas itu, kata dia, suara dari radar atmosfer itu bisa dianggap aneh dan menimbulkan penafsiran beragam dari masyarakat.


"
Nah
bisa juga fasilitas semacam itu ada di tempat lain, entah dari industri atau dari fasilitas penelitian. Yang jelas itu bukan dari luar bumi," kata pria kelahira Cirebon tersebut.


Sebelumnya Thomas menjelaskan soal sumber suara misterius itu. Menurutnya suara berasal dari permukaan bumi. Ia membantah ide yang menyatakan suara misterius berasal dari luar angkasa, sebab tidak ada media perambat yang bisa menghantarkan suara masuk ke bumi.


Sedangkan ide suara berasal dari dalam bumi juga tak mungkin menurutnya.


Jika suara bersumber dari dalam bumi, seharusnya ada getaran yang besar di permukaan bumi. Nyatanya, dalam video unggahan tentang suara misterius itu, tak dilaporkan adanya getaran besar di permukaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya