Negeri Arab Ini Saingi NASA Cari Kehidupan di Mars

UEA Space Agency
Sumber :
  • www.cbcnews.com/Getty Image
VIVA.co.id
Misi NASA ke Mars Dianggap Bunuh Diri
- Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kini akan mendapat saingan dalam memburu kehidupan di Planet Mars. Pesaingnya, yakni Uni Emirat Arab, yang baru membentuk lembaga antariksanya.

Begini Skenario Memanen Air di Planet Mars

Uni Emirat Arab belum lama ini melahirkan lembaga antariksanya dengan sebutan UEA Space Agency. Meski baru dibentuk tahun lalu, namun program-programnya baru dicetus pada tahun ini. Disebutkan, salah satu programnya itu, yaitu ingin mengeksplorasi Planet Mars pada 2020.
Bos SpaceX Khawatir Perang Dunia III Gagalkan Misi ke Mars


"Uni Emirat Arab berusaha untuk mengonfirmasi sebagai negara antariksa," ujar Ketua UAE Space Agency, Khalifa Mohammed al Thani-Rumaithi, dikutip dari
CBS News,
Selasa 26 Mei 2015.


UAE Space Agency dibentuk berdasarkan keputusan Presiden Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed bin Sultan Al Nahyan pada tahun lalu. Direncanakan, lembaga antariksa tersebut ditujukkan untuk membentuk industri luar angkasa dan membantu perekonomian negara, serta menciptakan lapangan kerja, khususnya bagi kaum generasi muda.


Seperti diketahui, Uni Emirat Arab yang terletak di kawasan Timur Tengah ini merupakan salah satu negara yang kaya minyak. Namun, kini Uni Emirat Arab ingin terjun dalam industri antariksanya juga, sehingga tidak selalu bergantung pada minyak dalam mendongkrak perekonomian negaranya.


Dalam pembahasan langkah strategis, rencananya pada bulan ini UEA Space Agency akan mempelajari Mars dari segi atmosfer, perubahan waktu, hingga struktur permukaannya.


Untuk proyek Mars ini, lembaga tersebut sudah diisi oleh sekitar 75 orang insiyur, namun angka tersebut akan diupayakan berlipat, saat menjalankan proyek sesungguhnya pada 2020.


Sampai saat ini, negara Arab itu baru meluncurkan satelit operator jaringan telekomunikasi komersial pertama bernama Thuraya. Thuraya diluncurkan pada 2000. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya