Lezatnya Daging Barbekyu Khas Korea

Barbekyu korea samwon house
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA.co.id - Proses membakar makanan, umumnya daging di atas bara api atau yang selama ini dikenal dengan istilan barbekyu adalah salah satu metode memasak yang populer.

Makan Malam Termahal di Dunia Bertarif Rp26 Miliar

Itu karena makanan yang dibakar tidak membutuhkan banyak minyak seperti ketika diolah dengan cara digoreng sehingga jauh lebih menyehatkan. Selain itu, ada tambahan aroma dan cita rasa smokey yang dapat membuat siapa pun tak kuasa meneteskan air liur.

Itu lah sebabnya hampir setiap negara di dunia memiliki hidangan-hidangan barbekyu khas masing-masing. Salah satu yang tengah menuai popularitas ialah hidangan barbekyu khas Korea atau yang dinamakan gogi gui, dalam bahasa Korea berarti daging bakar.
Mengungkap Rahasia Restoran dari Seorang Chef

Di tempatnya berasal, restoran yang menawarkan barbekyu biasanya memiliki meja-meja yang dilengkapi dengan alat panggang di bagian tengah. Ada yang menggunakan gas, ada pula yang menggunakan arang kayu. Pengunjung pun dapat memesan pilihan daging yang disukai dan membakarnya langsung di meja.
China Miliki Restoran Resmi Pertama Hello Kitty

Salah satu restoran Korea di Indonesia yang menawarkan sensasi menyantap hidangan bakar-bakaran dari Negeri Ginseng adalah SamWon House.  Restoran yang pertama kali buka pada tahun 2010 silam dan mengusung tema interior klasik Korea ini telah memiliki 13 cabang di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, Jambi, Medan, Lampung dan sebagainya. 

"Tadinya kami tidak fokus pada hidangan barbekyu, tapi hampir lima tahun beroperasi ternyata menu favorit yang paling banyak dipesan pengunjung adalah menu barbekyu," ujar Albert, pemilik SamWon House saat ditemui beberapa waktu lalu.

Itu lah yang membuat pihaknya lantas mengganti tagline SamWon House menjadi 'No. 1 Korean BBQ' dan menambah enam jenis menu barbekyu baru.

Berbagai jenis daging sapi tersedia di sini mulai dari sirloin, iga, sandung lamur, lidah, usus besar hingga jantung. Namun, yang paling terkenal dan menjadi hidangan andalan ialah galbi yakni iga sapi yang telah dimarinasi dengan bumbu khas Korea sehingga memiliki cita rasa yang begitu lezat. 

Ada pula pilihan daging lain yang tak kalah lezat disantap bergaya barbekyu Korea seperti ayam, udang, salmon dan belut. 

"Di sini kami hanya menggunakan daging sapi AS karena kunci kelezatan barbekyu ada di dagingnya yang segar dan berkualitas," ujar Albert.

Tentu saja cara menyantap daging barbekyu Korea berbeda dan terbilang unik yakni dengan membungkus sendiri potongan daging yang sudah matang dengan sayuran, umumnya selada dan daun wijen dengan tambahan potongan bawang putih dan cabai hijau mentah serta saus khas Korea.

Selain barbekyu, ada pula hidangan lain yang bisa Anda cicipi antara lain jeongol atau shabu shabu ala Korea, bibimbap yang disajikan di mangkuk hot stone, bokkeum yang merupakan hidangan hotplates, Tuegim atau aneka gorengan, sup, mi hingga camilan khas jajanan Korea seperti tteokbokki dan gimbap.

SamWon House

Setiabudi One, Ground Floor
Jalan HR Rasuna Said No. 108 
Kuningan, jakarta
Buka: 10.00-22.00 WIB
Range harga:
Makanan: Rp40 ribu-Rp350 ribu
Minuman: Rp10 ribu-Rp60 ribu
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya