Jokowi Bermimpi Harga Pangan Turun di Hari Raya

Kebutuhan Pokok 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVA.co.id
RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia
- Pemerintah mengaku kenaikan harga pangan menjadi tren menjelang hari raya. Meskipun demikian, pemerintah mengklaim akan mengendalikan kenaikan harga pangan.

Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng

"Memang dari tahun ke tahun, soal kenaikan harga pangan pasti akan terjadi. Khususnya waktu mau Lebaran dan Natalan, (kenaikan harga pangan) pasti tren," kata Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, dalam diskusi 'Pangan Kita: Harga Pangan Ramadhan' di Bumbu Desa Cikini, Jakarta, Senin 8 Juni 2015.
Strategi Mendag Atasi Calo Daging Sapi


Rachmat mengatakan, pemerintah saat ini memperhatikan kenaikan harga pangan jelang hari raya, terutama Ramadhan dan Lebaran. Bahkan, ada keinginan, agar ada penurunan harga ketika hari raya.


"Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin setiap hari raya ada penurunan harga," kata dia.


Rachmat pun berdiskusi dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Koperasi dan UKM AA Puspayoga untuk mewujudkan keinginan Jokowi.


Amran berjanji akan mewujudkan swasembada pangan secara maksimal. Sementara itu, Puspayoga menyatakan akan memperkuat jaringan koperasi, dan Rachmat akan mengelola impor bahan pangan.


"Masak iya, kita memenuhi kebutuhan dengan impor," kata dia.


Kemudian, Rachmat juga meminta semua Dinas Perdagangan di daerah untuk memantau keberadaan kebutuhan bahan pangan di daerah.


"Saya meminta atase perdagangan di daerah memantau, bagaimana pasokan-nya di daerah supaya kami tahu posisinya," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya