10 Jurus Sukses Ikut Bazar

Ilustrasi bazar
Sumber :
  • Dokumentasi HaloMoney

VIVA.co.id - Mengikuti pameran, atau bazar bisa menjadi salah satu pilihan cara untuk memasarkan produk Anda. Agar hasil yang dicapai bisa maksimal, ikuti kiat-kiat berikut ini.

Saat ini, penyelenggaraan bazar sudah tersebar di mana-mana, mulai dari pusat perbelanjaan, area perkantoran, lapangan kompleks, dan tempat lainnya.

Kegiatan ini terbukti cukup efektif dan membantu para pelaku usaha untuk mengenalkan produk, sekaligus meningkatkan penjualan.

Sayangnya, tidak semua orang bisa ikut bazar loh. Beberapa penyelenggara kini sangat selektif memilih peserta.

Sudah berhasil ikut pun, belum tentu Anda puas dengan hasilnya, lantaran tidak semua stan dilirik pengunjung.

Itu sebabnya Anda perlu memerhatikan kiat-kiat berikut, agar bazar yang Anda ikuti bisa menuai hasil maksimal.

1. Cari info


Carilah informasi mengenai bazar yang akan diadakan. Anda bisa mengetahuinya melalui berbagai media, seperti koran, majalah, dan internet.

Banyak penyelenggara, bahkan menjalin komunikasi lewat situs jaringan sosial seperti Facebook.

Di sini, Anda bisa mendapatkan informasi seputar acara bazar. Biasanya, pemberitahuan, atau iklan ditampilkan dua, atau tiga bulan sebelum hari H. Hal ini berguna, agar para peserta bazar punya cukup waktu untuk memesan stan dan mempersiapkan barang dagangannya.

Untuk pemesanan tempat, Anda bisa menghubungi bagian pemasaran panitia penyelenggara.

2. Kenali konsep
 

Perhatikanlah konsep apa yang diusung penyelenggara. Hal ini dapat menentukan siapa saja calon pembeli dan berapa patokan harga.

Yang paling utama harus diketahui adalah apakah barang Anda layak dijual di acara bazar tersebut. Setiap penyelenggara terlebih dahulu akan menyeleksi barang dagangan kita, sesuai, atau tidak dengan konsep yang mereka usung.

Apa jadinya, kalau Anda menjual baju kebaya seharga jutaan rupiah dalam bazar bertema “Belanja Murah Jelang Lebaran”.

3. Pesan stan jauh-jauh hari sebelumnya
 
Untuk mengikuti bazar, atau pameran akbar yang digelar tahunan oleh para penyelenggara terkemuka, pemesanan stan, atau tempat biasanya dilakukan 10 sampai 12 bulan sebelumnya loh.

Anda, bahkan bisa dimasukkan dalam daftar antrean, seperti di pusat perbelanjaan terkemuka. Rajin-rajinlah melakukan survei kegiatan bazar.
Jangan memesan tempat di menit-menit terakhir.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Pelajari benar sistem sewa stan, apakah harian, atau selama acara berlangsung, serta fasilitas apa saja yang akan didapat.

4. Hias stan
 
Karena banyaknya peserta yang potensial jadi pembeli, para pedagang jadi harus bersaing untuk menarik perhatian mereka. Yang terpenting adalah bagaimana membuat stan Anda dilirik pengunjung.

Jadi, tentu harus menarik dan terlihat berbeda tanpa menyalahi aturan si penyelenggara. Kreatiflah dalam hal ini.

Kalau punya dana lebih, Anda bisa menyewa jasa dekorasi. Pastikan Anda memilih penyedia layanan yang sesuai dengan tema bazar.

Utamakan kebersihan stan, karena bersih itu nyaman dan indah.



5. Siapkan bahan publikasi & promosi
 

Sekitar tiga sampai enam bulan sebelum bazar, atau pameran, siapkan bahan promosi dan publikasi. Bentuknya bermacam-macam, bisa kartu nama, katalog produk, daftar harga, selebaran, undangan, brosur, dan bahkan cendera mata untuk pengunjung kalau perlu.

Umumkan juga rencana Anda ikut bazar melalui surat elektronik, blog, atau situs pertemanan yang diyakini akan menunjang segi promosi Anda.

6. Permudah proses pembayaran

Sebagai pembeli, Anda pasti tidak ingin direpotkan dengan urusan pembayaran, bukan? Karena itu, sebagai penjual Anda juga harus mempermudah proses jual beli ini.

Jangan lupa, sediakan uang kembalian dalam jumlah besar, karena umumnya pengunjung mengeluarkan pecahan uang seratus ribu, atau lima puluh ribuan saat membeli.

Untuk lebih mempermudah (dan memperbesar potensi barang laku), sediakan juga mesin EDC (electronic data capture). Mesin EDC adalah mesin gesek kartu yang dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit, dan kartu prepaid tertentu.

7. Jangan sendirian

Saat menjaga stan, usahakan tidak sendirian. Ajak pasangan, teman, saudara, atau staf Anda untuk ikut menemani. Dengan demikian, kalau karena satu dan lain hal Anda harus meninggalkan stan, tetap ada orang yang menjaga.

8. Bersikap ramah

Ramah dan tersenyumlah pada semua orang, baik yang memakai baju dengan brand ternama maupun yang hanya menggunakan sandal dan celana pendek.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Anda tidak pernah tahu siapa yang akan membeli produk. Hargai dan hormatilah setiap pengunjung yang datang.

9. Jadi anggota

 
Banyak penyelenggara pameran, atau kontraktor pameran juga mewadahi para peserta mereka. Manfaatkan hal ini dengan menjadi anggota. Anda jadi bisa tahu jadwal kegiatan rutin mereka dan dapat lebih dulu memesan tempat.

Bukan tidak mungkin, para anggota juga mendapatkan potongan harga untuk pemesanan stan.

10. Jangan putus asa
 
Dalam berusaha, pasti ada saja aral melintang. Jika tidak balik modal, atau tidak sesuai target, jangan langsung putus asa. Anggap saja acara itu sebagai salah satu ajang penjajakan calon pelanggan dan perkenalan produk Anda.

Pelajari kegagalan yang terjadi untuk bisa lebih baik di acara bazar selanjutnya. Selamat mencoba! (asp)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016