Soal Tol Cikopo - Palimanan, Menteri PUPR Salah Baca SMS

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dokumentasi setkab.go.id

VIVA.co.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono meralat pernyataannya mengenai peresmian tol Cikopo - Palimanan.

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Sebelumnya ia mengatakan, jalan bebas hambatan itu akan diresmikan pada Jumat, 12 Juni 2015. Sementara, derdasarkan pesan singkat yang ia terima, peresmian Tol Cikopo - Palimanan akan dilaksanakan pada Senin, 15 Juni 2015.

"Ternyata Tol Cikopo - Palimanan tanggal 15 Juni 2015. Tadi saya baru baca lagi jadwalnya melalui sms," ujar Basuki di Komisi V DPR, Jakarta, Rabu, 10 Juni 2015.

Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai

Basuki menjelaskan, jalan tol yang akan diresmikan pada  tanggal 12 Juni 2015 adalah jalan tol Gempol - Pandaan.

Pembangunan jalan tol Cikopo - Palimanan sepanjang 116 km ini diharapkan akan mengurangi kepadatan arus mudik 2015 di jalur pantura.

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi

Tol Cikopo Palimanan ini merupakan bagian dalam proyek tol trans Jawa dengan panjang keseluruhan sepanjang 668 km. Tol ini dibangun oleh PT Lintas Marga Sedaya dengan pendanaan dari PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.

Kementerian masih mengkaji besaran tarif tol tersebut. Berdasarkan rencana bisnis yang diterima Kementerian, tarif tol yang berlaku adalah Rp700 per km. Sehingga total tarif tol Rp81.200.

"Tarifnya masih dikaji, kalau dalam bisnis plan kita kan 700 rupiah per km, tinggal dikali saja 116."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya