Tentara Amerika Akan Mendapatkan Tangan Robot

ilustrasi pria menembak
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Banyak penelitian dan penemuan teknologi yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan perang Amerika. Kali ini tentara Amerika akan diupayakan untuk mendapat tangan robot yang bisa membantu mereka menembak secara akurat.

Tangan rekayasa dari materi serat karbon ini juga bisa meningkatkan kemampuan tentara, meski mereka tidak lagi menggunakannya. Sistem tersebut bekerja dengan cara yang sama, seperti sistem stabilisasi gambar dalam sebuah kamera.

"Bayangkan keuntungan dari penggunaan sistem stabilisasi kamera ketika fotografer mengambil gambar. Perusahaan kami mengembangkan tingkat stabilitas untuk keseluruhan persenjataan selama momen kritis saat membidik dan menembak," ujar Dan Baechle, ketua tim penyidik dari Mobile Arm eXoskeleton for Firearm Aim Stabilisation (Maxfas), seperti dikutip dari Mail Online, Kamis 11 Juni 2015.

Dijelaskan Baechle, robot kerangka buatan Maxfas ini bisa merasakan getaran dari tangan, yang bahkan manusia pun tidak merasakannya. Algoritma pengendali untuk perangkat ini berfungsi mengurangi getaran tanpa mengunci tangan di posisinya.

Purwarupa yang diperlihatkan Baechle diklaim mendapatkan dukungan penuh dari laboratorium riset angkatan bersenjata Amerika. Perangkat itu terbuat dari banyak bingkai yang dilengkapi beberapa penggerak. Kerangka itu dihubungkan dengan penggerak dan juga pasokan energi.

Kawat penunjang kerangka itu terdiri dari akselerometer dan giroskop yang disematkan ke lengan tentara sampai ke tangan. Kawat penunjang ini bisa merasakan getaran sekecil apapun yang dihasilkan dari gerakan tangan tentara.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Data tersebut kemudian di transfer ke mikrochip yang ada. Berdasarkan data ini, Maxfas mengaplikasikan sejumlah kecil kekuatan untuk mengendalikan tremor atau getaran yang dihasilkan oleh tangan.

Sistem ini didasari oleh kerangka Alex dan Alex II yang dikembangkan di Mechanical Systems Laboratory di University of Delaware. (ase)

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023