Terobosan Samsung, Kaca dengan Tampilan Informasi Virtual

Samsung Mirror Display
Sumber :
  • Samsung Display

VIVA.co.id - Sebelum bersiap pergi ke kantor, akan sangat membantu jika ada yang memberikan informasi cuaca dan kemacetan jalan hari ini. Samsung akan memanjakan pengguna dengan teknologi display terbarunya.

Perusahaan asal Korea Selatan itu memamerkan kaca pintar pertamanya di sebuah pameran teknologi di Hong Kong. Ini disebut sebagai kaca dengan panel OLED transparan pertama di dunia.

Kaca ini awalnya didesain untuk perusahaan perhiasan yang bisa menampilkan perhiasan virtual sebelum konsumen membeli perhiasan nyata. Setelah melakukan penelitian sedemikian rupa, Samsung menyadari jika teknologi ini ternyata bisa dikembangkan menjadi lebih personal, dengan menampilkan informasi cuaca, notifikasi, dan lainnya di rumah.

"Samsung memiliki sejarah panjang dalam inovasi teknologi, khususnya untuk public display dan aplikasi lainnya. Kaca pintar ini bisa menjadi terobosan baru dalam industri display publik yang kerap digunakan untuk iklan di luar ruangan atau billboard," ujar Vice President Display Samsung, Oseung Yang, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis 11 Juni 2015.

Layar kaca ini berukuran 55 inci yang dilengkapi dengan teknologi OLED tembus pandang di bagian depan. Samsung juga menyematkan kaca itu dengan teknologi Real Sense buatan Intel.

Jual Galaxy Note 7, Samsung Punya Toko Online

Teknologi itu memanfaatkan kamera tiga dimensi untuk bisa melacak kehadiran seseorang, lalu menampilkan apa pun yang ingin ditampilkan dalam bentuk virtual.

Kaca itu juga pernah digunakan untuk menciptakan "kamar pas virtual" yang bisa membantu pengunjung butik melihat diri mereka sendiri menggunakan pakaian, sepatu atau perhiasan, yang ingin dijajal.

Samsung mengaku telah bekerja sama dengan perusahaan perhiasan Chow Sang Sang untuk meluncurkan kaca pintar ini. Ke depan ada beberapa perusahaan lagi yang akan dijajaki Samsung.

Pihak Samsung mengatakan jika Samsung Mirror Display akan bisa menggantikan fungsi kaca di rumah, sekaligus dengan penambahan teknologi display masa depan.

Meski Samsung bukan yang pertama memberikan teknologi layar kaca pintar ini, mereka memastikan jika panel layarnya lebih baik ketimbang yang lain. Samsung Mirror OLED-nya dikatakan memiliki kadar reflektan 75 persen dan menghadirkan 50 persen reflektan lebih tinggi dari para pesaingnya.

Waktu respons layar ini juga hanya satu milisecond, dibanding kompetitor panel LCD transparan lain yang mencapai delapan milisecond. Panel Samsung ini juga menggunakan sistem tampilan berotasi dengan teknologi Real Sense 3D dan mampu menampilkan video dalam format HD. (art)

Geber Agen TrueMoney, 7 Ribu EDC Dikerahkan
Samsung

Samsung Setop Bikin Galaxy S Berlayar Datar?

Samsung ingin fokus bikin seri Galaxy S berlayar lengkung

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016