Ini Galaksi Paling Kesepian di Jagad Semesta

Galaksi NGC 6503
Sumber :
  • www.cnet.com

VIVA.co.id - Ada temuan menarik dari jagad alam semesta. Seperti dilansir Cnet.con, Survei Space Telescope Science Institute yang menggunakan Teleskop Hubble menemukan galaksi paling kesepian yang dinamakan NGC 6503. 

Sepuluh Planet Paling Ekstrem di Galaksi

Temuan itu cukup menarik. Pasalnya, selama ini umumnya galaksi yang ada muncul berkelompok. Misalnya Galaxi Bima Sakti kita berada dalam kluster galaksi yang dinamakan Local Group. Dalam kluster Local Group, setidaknya terdapat 54 galaksi, dengan pusat gravitasi terletak di antara Galaksi Bima Sakti dan Galaksi Andromeda. Sementara, di sekitar kluster Local Group itu terdapat kluster lain yang dinamakan Virgo Supercluster.

Berbatasan dengan kluster Local Group merupakan kluster galaksi yang gelap yang dinamakan kluster Local Void. Kluster ini memiliki rentang setidaknya 150 juta tahun cahaya.

Galaksi NGC 6503 juga lebih kecil dari galaksi pada umumnya. Galaksi yang kesepian ini hanya membentang 30 ribu tahun cahaya. Galaksi NGC 6503 ini berjarak 18 juta tahun cahaya dari bumi.  Dalam menemukan galaksi tersebut, peneliti harus mempelajari survei dari 154 orbit Hubble.

Galaksi kesepian ini memiliki bentuk yang unik. Tonjolan yang biasanya ada pada pusat galaksi tak ditemukan. Galaksi ini dikelilingi oleh awan gas besar.

Gambar baru Galaksi NGC 6503 yang diperoleh dari Hubble Wide Field Camera 3 menunjukkan gambar yang lebih detail dibandingkan gambar sebelumnya.

Pada gambar menunjukkan area berwarna merah merupakan bercak gas yang terdapat pada lengan spiral galaksi. Sedangkan area biru menunjukkan sarang pembentukan bintang baru. Kemudian area berwarna coklat mewakili jalur debu pada seluruh lengan galaksi.

Galaksi NGC 6503

Galaksi NGC 6503

Ditemukan Galaksi yang Punya 'Denyut Jantung'
Pergerakan Bintang di Singapura

Peneliti: Semua Daerah Bisa Lihat Planet di Atas Kepala

Asal seluruh lampu dimatikan dari pukul 20.00 sampai 21.00

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016