Jalan Tol di Jatim Panjangnya 621,18 KM

Jalan tol Pejagan-Pemalang
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
VIVA.co.id
Pengamat: Eksekusi Jalan Tol JORR Seksi S Janggal
- Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, jalan nasional di wilayah Provinsi Jawa Timur memiliki panjang 2027,01 kilometer, dengan kondisi jalan mantap lebih dari  85,79 persen. Sementara 14,21 persen, kondisinya rusak ringan dan rusak berat. Untuk jalan provinsi dengan panjang 1760,91 kilometer, kondisi mantap lebih dari 89,27 persen.

Kepadatan Arus Lalu Lintas Hanya di Halim-Cikunir

"Untuk panjang jalan tol di Jatim, kurang lebih 621,18 kilometer. Panjang jalan tol yang sudah beroperasi sekitar 102,08 kilometer," kata Soekarwo Jumat 12 Juni 2015.
Mangkrak, Jokowi Janji Tol Kalimantan Tuntas 2018


Di antaranya, ruas tol Surabaya-Gempol memiliki panjang 43 Km, Surabaya-Gresik (20,70 Km), simpang susun Waru-Juanda (12,80 Km), Jembatan Suramadu (5,44 Km), Surabaya-Mojokerto Seksi 1A (1,89 Km), Kertosono- Mojokerto Seksi 1 Bandar-Jombang (14,70 Km) dan Porong-Gempol ruas Kejapanan-Gempol (3,55 Km).


"Untuk panjang jalan tol yang belum beroperasi sekitar 519,10 kilometer," katanya.


Dengan ‎beroperasinya Tol Gempol-Pandaan, gubernur optimistis akan mempercepat arus barang dan jasa ke Jatim.


"Keberadaan jalan tol, akan meningkatkan produktivitas rakyat melalui konektivitas antar satu daerah dengan daerah lainnya. Dan, pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan iklim investasi guna tercapainya pertumbuhan ekonomi suatu daerah," tuturnya.


Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono menambahkan, keberadaan Tol Gempol-Pandaan akan mengurangi kemacetan dari arah Surabaya ke wilayah Malang Raya.


"Jalan tol ini berkontribusi dalam mengurai kemacetan di Exit Surabaya. Jalan Tol Gempol-Pandaan merupakan konektor jaringan Tol Trans Jawa. Dengan beroperasinya Jalan Tol Gempol–Pandaan sepanjang 13,61 kilometer ini kita harapkan menjadi solusi pemecahan masalah kepadatan lalu-lintas, juga arus barang di ruas jalan Surabaya ke Malang atau sebaliknya," kata Basoeki.


Untuk diketahui, Tol Gempol-Pandaan di Pasuruan, Jawa Timur resmi dioperasikan, setelah diresmikan Presiden Joko Widodo. Jumat 12 Juni 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya