Mungkinkah Memanggil Arwah dengan Dua Buah Pensil?

Cara memanggil hantu Charlie
Sumber :
  • Mirror.co.uk

VIVA.co.id - Sebuah tantangan yang menyebar di dunia maya, bernama Charlie Charlie Challenge cukup menghebohkan. Hanya dengan dua buah pensil yang disusun bertumpuk, para pemanggil arwah ketakutan, saat pensil tersebut bergerak.

Di Indonesia, Charlie Charlie Challenge sama dengan ritual pemanggilan arwah dengan Jelangkung, atau benda lainnya. Para pemanggil mengandalkan gerakan benda tersebut untuk menunjukkan keberadaan sang arwah.

Pada Charlie Charlie Challenge yang menghebohkan jagat maya itu, dua buah pensil ditumpuk dengan posisi menyilang, sehingga bisa membentuk empat ruang (quadrant).

Begini Rupa Api Jenis Baru

Dua ruang ditulisi kata 'Ya', sedangkan dua lainnya dilabeli kata 'Tidak'. Para pemanggil arwah harus membuat pertanyaan, yang jawabannya Ya, atau Tidak, dan si arwah akan menggerakkan pensil tersebut ke arah jawaban.

Meski sebagian orang mempercayai bahwa hal itu adalah benar adanya, sebagian besar lainnya menganggap, ini hanyalah permainan alam. Seorang ilmuwan mengklaim bahwa yang memuat pensil itu bergerak, tidak lain dan tidak bukan, adalah gravitas bumi.

"Untuk permainan ini, mereka mencoba menyeimbangkan satu objek di atas objek lainnya. Objek paling atas harus diposisikan dengan tepat, di tengah. Karena keduanya berukuran panjang, agak sulit untuk memuat objek seimbang. Mencoba menyeimbangkan satu pensil dengan lainnya, merupakan hal yang tidak mungkin dilakukan karena sistem tidak stabil," ujar Christopher French, Kepala Unit Penelitian Anomalistik Pshicology dari University of London, Inggris.

Menurut French, seperti dikutip melalui Live Science, Senin 15 Juni 2015, gravitasi bumi melakukan tarik menarik. Udara yang berhembus, atau nafas kecil seseorang di sekitarnya, pun bisa membuat pensil di atas bergerak, sehingga bisa dipastikan, tidak ada kekuatan setan, atau iblis yang dibutuhkan untuk membuat pensil itu bergerak.

"Pensil yang bergerak saat memanggil arwah memang terlihat menyeramkan. Namun, percayalah hal ini tidak lebih menyeramkan dari tirai jendela yang bergerak tertiup angin," papar French.

Ilmuwan lain percaya, selain gravitasi, yang membuat pensil itu bergerak secara menyeramkan adalah adanya sugesti.

French menjelaskan, salah satu yang menarik adalah hal yang terjadi pada film Ouija, sebuah papan permainan yang bisa bergerak jika tangan berada di atas papan itu. Pergerakan tangan itu menuju huruf-huruf untuk membentuk kata, atau kalimat jawaban.

Kekuatan Ouija, menurut French, adalah karena efek yang disebut dengan ideomotor. Pada abad ke-19, seorang dokter yang juga fisiolog, William Carpenter menjelaskan bahwa efek tersebut dimunculkan dari gerakan otot manusia yang dilakukan tanpa sadar. Permainan ini lebih mengandalkan sugesti, atau keajaiban pemikiran, yaitu sebuah keyakinan atau kasus imajiner. (asp)

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016