Pulau Borneo Segera Miliki Moda Transportasi Kereta Api

Kereta Api Indonesia
Sumber :
  • rizqialextoramadhan.wordpress.com
VIVA.co.id
Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia
- Pemerintah menargetkan dimulainya tahapan awal proyek pembangunan rel kereta api di Kalimantan. Hal ini, tentunya menjadi kabar gembira bagi warga Kalimantan, khususnya yang berada di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).
 
Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket
Sebagai tahap awal, Kementerian Perhubungan segera berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk mempersiapkan lahan yang akan dilalui pembangunan jalur kereta api tersebut.
 
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
“Tahap awal akan dilakukan pembebasan lahan, pembuatan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), dan DED (Detail Engineering Design),” ujar Kepala Dishubkominfo Kalsel, Supian AH seperti ditulis dalam situs resmi Info Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin 15 Juni 2015.
 
Secara terpisah, Biro Humas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Sufian menerangkan rencana pembangunan ini digagas dalam pertemuan sejumlah Menteri dengan Ditjen Perkereta apian di Palangkaraya. Menteri yang hadir saat itu adalah Menteri Perhubungan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Agraria dan tata Ruang.

Sufian menjelaskan dalam Masterplan 2012, akan dibangun tiga koridor jalur kereta api di Provinsi Kalimantan Selatan. Koridor pertama meliputi Palangkaraya-Pulang Pisau-Kuala Kapuas-Marabahan Banjarmasin, dan Banjarmasin Pelaihari-Batakan.

Jalur untuk koridor dua meliputi Tanjung-Paringin-Barabai-Kandangan-Rantau-Martapura Banjarbaru-Bandara Syamsudin Noor-Banjarmasin. Sedangkan koridor tiga meliputi Tanah Grogot-Batulicin-Pelaihari.
 
Panjang rel kereta api yang akan dibangun mencapai 192 kilometer yang menghubungkan Banjarmasin dengan Kabupaten Tabalog. “Kita berharap di 2018, tahap rekonstruksi pembangunan rel kerta api di Kalsel sudah bisa dimulai,” ujar Sufian.
 
Pengerjaan pembangunan rel kereta api ini ditargetkan selesai pada 2020. Seluruh pembiayaan dalam pembanguan ini akan dibiayai dari APBN. Hal ini juga mencakup pembiayaan dalam penyediaan lahan untuk pembangunan jalur kereta api tersebut. 

Sufian menerangkan, jika pembangunan selesai seperti waktu yang ditargetkan, selanjutnya akan dibangun jalur kereta rute Banjarmasin-Tanjung-Palangkaraya. Start pembangunan rel kereta api ini akan dimulai dari kawasan sekitar Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. 

“Diharapkan pada 2025 mendatang, jalur rel kereta api di Kalimantan ini bisa mencapai hingga ke perbatasan Malaysia,” ujar Sufian. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya