Jelang Ramadhan, Pedagang Pasar Asal Naikkan Harga

Pedagang melayani pembeli di Pasar Rumput, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
VIVA.co.id -
Warga Jatuh Bangun Berebut Sembako Bantuan dari Presiden Jokowi
Kenaikan harga sembako jelang bulan Ramadhan selalu terjadi. Yayasan Perlindungan Konsumen (YPK) Nusa Tenggara Barat menilai fenomena itu sebagai gejolak pasar.

Ban Pecah, Pesawat Pembawa Sembako di Papua Tergelincir

Ketua YPK NTB, Muhammad Saleh, tak sependapat dengan alasan pedagang yang menaikkan harga kebutuhan pokok karena faktor pembibitan ataupun keterbatasan stok. Menurutnya, momen Ramadhan adalah salah satu cara meningkatkan penghasilan.
Pembunuh Nenek Penjual Sembako Ditangkap, Ternyata Tetangganya


"Momen Ramadhan ini dijadikan peningkatan penghasilan bagi pedagang. Kenaikan harga itu dari pedagang, tidak ada alasan faktor alam atau kelangkaan," ujar Saleh saat turut serta dalam sidak pasar bersama Balai

Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mataram pada Senin 15 Juni 2015.


Saleh menjelaskan, musim panen saat ini stabil. Sehingga, pada dasarnya tidak ada alasan bagi pedagang untuk menaikkan harga yang dijajakannya.


"Adapun kenaikan harga itu karena bisa-bisanya pedagang saja untuk meraup keuntungan. Bukannya faktor alam tidak memberikan pengaruh namun kecil kemungkinannya," katanya.


Saleh melanjutkan, pedagang umumnya melontarkan alasan klasik tentang kelangkaan barang ataupun cuaca ekstrim dan sebagainya. Oleh karena itu, konsumen seharusnya tidak terpengaruh dengan alasan-alasan pedagang tersebut.


"Konsumen jangan beli banyak-banyaklah. Belanjanya sesuai kebutuhan saja. Kalau semua menimbun, ya jelas stok barang di pasar akan berkurang. Maka meningkatlah harga barang tersebut," tuturnya.


Saleh menambahkan, timbal balik perilaku antara pedagang dan pembeli memberikan pengaruh besar terhadap kenaikan harga bahan pokok. Berdasarkan data yang dia himpun, menjelang puasa ramadhan ini harga kebutuhan pokok di pasar tradisional terus mengalami fluktuasi.


Misalnya harga daging dan telur terus merangkak naik, namun justru harga komuditi lainnya seperti sayur mayur dan bumbu-bumbuan juga hasil laut mengalami penurunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya