Perkuat Armada Jarak Jauh, Garuda Beli 30 Pesawat Airbus

Dirut Garuda Indonesia Arif Wibowo
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Garuda Indonesia telah menandatangani Letter of Intent (LOI) dengan Airbus untuk pembelian 30 unit pesawat A350 XWB. Pesawat tersebut, rencananya akan digunakan untuk terbang non-stop dari Jakarta, atau Bali menuju Eropa.

Garuda Jadi Maskapai dengan Protokol Kesehatan Terbaik di Dunia

Chief Executive Officer (CEO) Garuda Indonesia, Arif Wibowo dalam siaran persnya, Senin 15 Juni 2015, mengatakan pihaknya berencana menggunakan armada pesawat baru tersebut untuk mengembangkan layanan rute jarak menengah dan jarak jauhnya. 

"Menyusul kesuksesan kami dalam merevitalisasi operasi regional kami di Asia Pasifik, kami akan memprioritaskan pengembangan jaringan penerbangan jarak jauh kami di tahun-tahun mendatang," kata dia.  
Garuda Luncurkan Layanan Penerbangan Vintage Era 70-an

Dia mengatakan, spesifikasi pesawat ini sesuai dengan rencana ekspansi bisnis garuda di masa depan. Yang mengutamakan efisiensi dan kenyamanan penumpang. 
Garuda Indonesia Dinobatkan Jadi Maskapai Paling Disukai

“Dengan penghematan konsumsi bahan bakar, daya jangkau, serta kabin yang ekstra luas, A350 XWB akan menjadi salah satu pilihan kami untuk memposisikan kembali maskapai kami sebagai maskapai premium yang memimpin di kelas penerbangan jarak jauh ke luar pasar Asia yang amat kompetitif,” tambahnya. 



Chief Operating Officer (COO), Customers Airbus, John Leahy dalam kesempatan yang sama menyambut baik kerja sama ini. Generasi baru Airbus ini diyakini mampu memperluas ekspansi bisnis Garuda.

"Kami tak sabar melihat A350 XWB terbang dengan corak Garuda Indonesia, seiring dengan usaha Garuda untuk memperluas jangkauannya ke berbagai destinasi baru di seluruh dunia.” kata dia. 

Sebagai indormasi, pesawat A350 XWB  menggunakan rancangan aerodinamis terbaru, dengan sayap dan badan pesawat yang terbuat dari serat karbon, ditambah mesin Rolls-Royce tren XWB terbaru yang hemat bahan bakar. 

Kombinasi berbagai teknologi terbaru ini diklaim menjadikan A350 XWB sebagai pesawat yang tak tertandingi dari segi efisiensi operasional. A350 XWB mampu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi sebanyak 25 persen, serta memangkas biaya perawatan secara signifikan. 

Penumpang pun dimanjakan dengan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi selama penerbangan, dengan kabin ekstra luas yang menawarkan lebih banyak ruang pribadi di seluruh kelas, termasuk kursi selebar 18 inci sebagai standar di kelas ekonomi. 

Di kawasan Asia Pasifik, pesawat jenis ini sudah dipesan hingga sebanyak 244 unit A350 XWB. Jumlah ini mewakili hampir sepertiga dari 780 pesanan yang tercatat dari berbagai pelanggan seluruh dunia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya