Pengusaha Kerap Mengeluh, Pemerintah Bentuk BLU Kelapa Sawit

Menteri Keuangan
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Pemerintah dan dunia usaha bekerja sama dalam menggodok ide untuk membentuk sebuah badan yang dapat mendukung industri kelapa sawit.

Semester I, Bakrie Plantations Catat Penjualan Rp770 Miliar

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan, sebagai jawaban dari keluhan dunia usaha, pemerintah akhirnya membentuk Badan Layanan Umum (BLU) Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Ia mengklaim, badan itu menawarkan mekanisme yang lebih baik untuk mendukung industri kelapa sawit.

“Keluhannya selama ini adalah pungutan bea keluar (dari kelapa sawit) ini tidak bisa langsung dipakai untuk pengembangan sawit sendiri. Ini selalu dikeluhkan dari dulu. Karena apa yang disumbang dari bea keluar tidak seimbang dengan apa dianggarkan oleh Kementan (Kementerian Pertanian), khususnya untuk perkebunan sawit,” ujar Bambang, seperti dikutip pada laman Kementerian Keuangan, Rabu, 17 Juni 2015.

Laba Anjlok, Astra Agro Lestari Tak Bagi Dividen

Bambang mengatakan, melalui badan ini, dana hasil pungutan dari industri kelapa sawit dapat dikelola untuk pengembangan industri itu sendiri.

“Uang tadi selain untuk pengembangan biodiesel, kemudian untuk penanaman kembali, juga research & development di hulu atau di hilir. Jadi menurut saya ini yang sesungguhnya ideal kita miliki.”

Himpun Dana Kelapa Sawit, Pemerintah Libatkan Surveyor

(mus)

Airlangga Hartarto

Ada Moratorium, Investasi Sawit Tetap Berjalan Baik

Kepastian hukum investasi CPO tetap terjaga baik.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016