Baru Diresmikan, Ratusan BTS Sudah Hiasi Tol Cipali

Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Tol Cipali baru saja diresmikan dan diharapkan menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan yang terjadi ketika musim mudik tiba. Operator telekomunikasi pun langsung menghiasi sepanjang jalan tol ini dengan ratusan BTS agar komunikasi para pengguna tol Cipali menjadi nyaman.

Pemerintah Tender Ulang Palapa Ring untuk Paket Timur

Setelah Indosat yang memastikan jalur komunikasi di Tol Cipali berfungsi dengan baik lewat uji jaringan yang dilakukannya sejak kemarin, XL mengklaim telah memasang sekitar 170 unit base transceiver station (BTS) di sepanjang jalan tol Cikopo - Palimanan ini.

Para operator telekomunikasi tersebut menganggap jika keberadaan tol baru ini cukup strategis untuk memperlancar lalu lintas orang dan barang. Dipastikan tol ini akan menjadi pilihan utama bagi pengemudi yang melintasi jalur pantura.

Kisah Mistis Tol Cipali Diangkat ke Layar Lebar

“Karena itu, XL juga memprioritaskan pemasangan infrastruktur jaringan yang memadai di sepanjang jalan ini, dan puluhan BTS sudah bisa melayani pelanggan sejak pertama kali jalan ini dibuka untuk dilintasi," ujar Direktur dan Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 17 Juni 2015.

Ongki menambahkan, rata-rata kualitas jaringan 170 BTS yang telah dipasang cukup baik. Sekitar 50 persen telah terlayani oleh jaringan 3G. Sementara, ruas jalur yang tidak mendapatkan layanan 3G, terlayani oleh jaringan 2G. Mengenai antisipasi lonjakan trafik mudik, XL mengaku telah menempatkan beberapa mobile BTS di Cipali dan tambahan 22 BTS 3G.

Hari Ini, Pemenang Tender Palapa Ring Diumumkan

Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga menyatakan adanya penambahan 100 BTS baru yang menghias sepanjang jalan tol Cipali. Bahkan, jumlah tersebut masih juga diperkuat dengan Compact Mobile Base Station (Combat) berteknologi 2G maupun 3G.

"Kami sengaja melewati jalur tol Cipali yang tentunya akan menjadi jalur penting di musim mudik tahun ini. Hal ini kami lakukan dalam memastikan kesiapan jaringannya melayani lonjakan trafik komunikasi seluler yang diprediksi cukup signifikan selama bulan Ramadhan, dan terutama pada saat Lebaran 2015," ujar Executive Vice President Area Jabotabek Jabar, Venusiana Papasi dalam keterangannya.

Ia mengatakan, di sepanjang jalur mudik utama Jabotabek Jabar, mulai dari Merak – Cikopo – Palimanan – Pejagan, Telkomsel telah memiliki 1.300 BTS existing.

Pada masa Ramadhan dan Lebaran Tahun ini Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa. Lonjakan trafik akan terjadi terutama pada layanan SMS yang berkisar antara 10 sampai 20 persen, atau mencapai 1.15 miliar SMS, dan layanan data yang akan melonjak naik antara 20 sampai 25 persen, atau menembus 1.6 juta Giga Byte.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya