Fakta Menarik di Balik Peraih MVP Final NBA Musim Ini

Andre Iguodala
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Golden State Warriors berhasil keluar sebagai kampiun NBA musim ini dengan menang 4-2 atas Cleveland Cavaliers dalam format best of seven. Small guard Golden State Warriors, Andre Iguodala, menjadi MVP (Most Valuable Player) di partai final tersebut.

Namun, ada fakta menarik dengan prestasi yang diraih dari Iguodala, yakni pemain pertama dalam sejarah NBA yang sukses meraih MVP dari bangku cadangan. Pebasket berusia 31 tahun itu baru bermain di game 4 saat membantu Warriors juara NBA musim ini.

Pelatih Warriors, Steve Kerr, memutuskan untuk memainkan Iguodala saat timnya tengah tertinggal 1-2 dari Cavaliers. Pada game 4, dia berhasil membuat permainan Warriors berubah hingga membawa timnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Iguodala juga berperan banyak dalam kesuksesan timnya mengunci gelar juara musim ini di kandang Cavaliers, Rabu 17 Juni 2015 siang WIB. Mantan pemain Philadelphia 76ers dan Denver Nuggets itu menyumbangkan 25 poin, 5 rebound dan 5 assist.

Selain itu, dia juga benar-benar mematikan pergerakan bintang Cavaliers, LeBron James, yang hanya mencetak 32 poin di game 6. Warriors akhirnya mengunci kemenangan keempat dengan skor 105-97 di game 6 dan keluar sebagai juara musim ini.

"Pengorbanan luar biasa dari orang seperti Andre (Iguodala ) yang jauh dari line up awal tim. Ini semua bagian dari permainan, karena kami percaya orang-orang seperti dia adalah orang yang datang untuk menang," kata Steve Kerr.

LA Lakers Resmi Berikan Kontrak Reguler pada Stanley Johnson

"Dia sangat spesial, dia layak mendapatkan MVP Final," kata rekan setimnya yang juga peraih MVP Reguler musim ini, Steph Curry, dilansir NYpost.

Catatan Prestasi Iguodala

- Juara NBA (2015)
- MVP NBA Final (2015)
- NBA All-Star (2012)
- NBA All-Defensive First Team (2014)
- NBA All-Defensive Second Team (2011)
- NBA All-Rookie First Team (2005)
- NBA Rookie Challenge MVP (2006)
- First-team All-Pac-10 (2004)
(one)

Kobe Bryant saat membawa Los Angeles Lakers juara NBA 1999/2000

Kenang Kobe Bryant, NBA Perkenalkan Desain Baru Trofi MVP All-Star

Trofi Kobe Bryant baru ini dihadirkan NBA menggandeng seniman Victor Solomon yang kerap dipercaya oleh para bintang NBA.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022