DPR Mudahkan Akses Masyarakat untuk Menyampaikan Aspirasi

Ketua DPR RI Setya Novanto meresmikan RPTPMIP di DPR
Sumber :

VIVA.co.id - Masyarakat kini semakin mudah untuk melaporkan pengaduannya ke DPR. Pasalnya, Ketua DPR Setya Novanto baru saja meresmikan Ruang Pelayanan Terpadu Pengaduan Masyarakat dan Informasi Publik (RPTPMIP) yang terletak di Gedung Nusantara III DPR, Rabu 17 Juni 2015.

"Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, pimpinan DPR selalu mengarahkan kepada Sekertariat Jenderal untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kemudahan akses bagi masyarakat dalam hal pelayanan. Ini dilakukan agar dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan dan sebagai bahan masukan untuk dewan dalam melaksanakan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan,” ujar Ketua DPR RI Setya Novanto.

Dengan adanya ruangan terpadu ini, masyarakat bisa langsung menyampaikan pengaduan terkait dengan permasalahan atau aspirasi yang ingin disampaikan kepada Dewan.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka


Ketua DPR RI Setya Novanto meresmikan RPTPMIP di DPR

"Masyarakat atau delegasi tentu akan diterima di sini dan selanjutnya pengaduan tersebut akan diproses dan dianalisis oleh bagian pengaduan, untuk selanjutnya disampaikan ke pimpinan DPR atau pimpinan komisi untuk ditindaklanjuti,” kata Setya Novanto.

Berdasarkan rekapitulasi tahunan pengaduan masyarakat masa persidangan 1-3 tahun sidang 2014-2015, mulai tanggal 1 Oktober 2014 – 17 Mei 2015, Ketua DPR mengatakan bahwa pengaduan melalui surat sudah ada 2675, melalui website 584, dan aspirasi melalui SMS ada 9785 pengaduan.

Sebagai salah satu wujud dari parlemen modern, maka DPR juga membuka akses pengaduan masyarakat secara online melalui website https://pengaduan@dpr.go.id atau melalui SMS di nomor 08119443344. Untuk pelayanan informasi publik juga bisa diakses melalui website https://ppid.dpr.go.id.

Menurut Sekjen DPR Winantuningtyastiti, kehadiran RPTPMIP ini akan membuat pelanan DPR menjadi terpadu. "Ruangan ini lebih berfungsi sebagai front office. Setidaknya masyarakat tidak bingung lagi kalau ingin menyampaikan pengaduan atau ingin mengetahui informasi, meskipun nanti prosesnya tetap digodok di ruang kerja masing-masing,” ungkapnya.

Setelah meresmikan ruangan tersebut, Ketua DPR langsung memantau prosedur dan mekanisme karyawan dalam menerima pengaduan dari masyarakat. "Ini kebetulan sudah ada masyarakat yang mau mengadu, tolong dijelaskan bagaimana prosedurnya ya,” kata Ketua DPR pada salah satu karyawan yang bertugas di ruang RPTPMIP tersebut.

Politikus Budi Supriyanto Didakwa Disuap Ratusan Ribu Dolar
Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016