JK: Tak Usah Bunyikan Kaset Pengajian Tengah Malam

pengukuhan yudi chrisnandi menjadi guru besar unas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai
- Memasuki bulan suci Ramadhan 1436 H atau 18 Juni 2015 Masehi, aktivitas di masjid-masjid akan semakin ramai. Tidak hanya itu, termasuk aktivitas jelang sahur seperti program-program sahur on the road. Untuk aktivitas di masjid-masjid, Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai tidak perlu lagi masjid membunyikan kaset mengaji. Apalagi, diputar jauh sebelumnya.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

"Tak usah tengah malam dibunyikan speaker masjid pakai kaset, janganlah. Silakan mengaji langsung boleh tapi jangan lama-lama. Ngaji boleh, asal langsung. Jangan pakai kaset, yang untung pedagang kasetnya saja. Itu orang malas mengaji," kata JK, di kantornya, Rabu 17 Juni 2015.
Lebaran, Pendapatan MNC Toll Road Meningkat Rp2 Miliar


JK mengatakan, kegiatan-kegiatan membangunkan orang sahur, tidak perlu dilakukan jauh sebelum waktu sahur tiba. Karena, zaman sekarang sudah banyak fasilitas yang bisa membangunkan.


"Hampir semua orang juga ada weker, ada handphone yang bisa menghubungkan orang apa saja," kata JK.


Zaman dulu, lanjut JK, memang membangunkan orang sahur jauh sebelum waktu imsak. Sebab, untuk memasak nasi atau menyediakan makanan, butuh waktu berjam-jam.


"Sekarang kan semua orang masak sudah lebih cepat. Pakai gas, tidak lagi hidupkan dulu tungku macam-macam. Di golongan menengah juga sudah ada ricecooker, microwave, jadi tidak butuh lagi orang puasa bangun jam 1. Sekarang dengan setengah jam sudah bisa siap," jelas JK.


Dengan dasar itu, JK tidak setuju kalau model membangunkan sahur sama seperti dulu. Apalagi, orang butuh istrahat sebab setelah imsak, melanjutkan lagi aktivitasnya.


"Jadi tak usahlah bangunkan orang lebih awal. Begitu juga bulan puasa, karena semuanya juga besok kerja, tidak perlu lagi dibangunkan awal dan ramai-ramai," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya