'Jam Macet' di Jakarta Berubah Selama Ramadhan

Perubahan jam macet di jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Vitalis Yogi-Trisna.

VIVA.co.id - Jam kerja perkantoran yang berubah selama bulan Ramadhan membuat pola tugas polisi lalu lintas di Ibu Kota juga harus disesuaikan. Pasalnya, jam macet pun berubah selama bulan puasa.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Kepala Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Warsinem, mengatakan penempatan personel di lapangan akan dimajukan dengan menyesuaikan jam kerja selama bulan Ramadhan.

"Kita untuk penempatan anggota di lapangan penggelarannya lebih awal, biasa kalau untuk sore jam 16.00 WIB, selama bulan Ramadhan jam ya sudah mulai siaga sejak pukul 14.00 atau 15.00 WIB," ujar Warsinem pada VIVA.co.id, Kamis, 18 Juni 2015.

Warsinem juga mengatakan, untuk pengamanan pada pagi hari, apel pagi yang biasa dilakukan jam 5.30 WIB dimundurin menjadi jam 06.00 WIB karena mengikuti jam masuk kerja para pegawai yaitu jam 08.00 WIB.

"Kita juga berharap jam 19.30 WIB lalu lintas sudah terurai karena banyak masyakarat yang pulang lebih cepat untuk berbuka puasa di rumah dan menjalankan ibadah salat taraweh," kata Warsinem.

Mengenai apakah ada penambahan jumlah personel, Warsinem menjelaskan sampai saat ini jumlah personel tetap sama yang diturunkan di lapangan.

"Nanti menjelang operasi ketupat baru dilakukan penambahan karena harus ada penempatan di Terminal, Stasiun, pos pantau dan check point," kata Warsinem.

Jaga hingga sahur

Untuk penjagaan malam hari, Warsinem mengatakan, pihak kepolisian juga akan melakukan pengamanan di setiap wilayah.

"Untuk malam hari ada operasi pelayanan sahur dan pengamanan sahur, dilakukan pada jam 12 malam," jelas Warsinem.

Lebih lanjut, Warsinem mengatakan pengamanan ini untuk mengantisipasi apakah ada balap liar dan tawuran antar warga. "Semua wilayah kita turunkan personelnya," ujar Warsinem.

Mengenai penambahan jumlah personel di daerah rawan kejahatan, Warsinem mengatakan hal tersebut masih dalam pengamanan yang dinamis dan situasional.

"Jadi jika ada di daerah terjadi gangguan, petugas di daerah yang sepi bisa di geser ke tempat tersebut, kita tersambung dengan TMC jika ada gangguan keamanan," kata Warsinem.

Mengenai pengamanan dalam rangka Saur On The Road (SOTR), Warsinem juga mengatakan situasi pengamanan juga masih bersifat situasional.

"Jadi kalau aman dalam penyelenggaraannya kita seperti biasa, tapi jika ada gangguan keamanan kita geser petugas atau penambahan personel, intinya kita petugas ingin mengamankan agar bulan Ramadhan aman," ujar dia. (ren)

Macet

Hujan Guyur Jakarta Malam Ini, Kemacetan di Mana-mana

Genangan air dan banjir juga terlihat. Semakin menyebabkan macet.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016