Melihat Keindahan dan Kemegahan Masjid Terbesar di Hong Kong

Kowloon Mosque and Islamic Centre in Hong Kong
Sumber :
  • Facebook Abdus Salam
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Hong Kong memiliki masjid yang megah, Kowloon Mosque & Islamic Center. Ini merupakan bangunan masjid terbesar di pulau-kota itu.

Masjid SMA Senilai Rp3,6 Miliar Diresmikan Wagub Djarot

Bentuk bangunannya persegi dan indah dengan atap merah muda dan dihiasi kubah di atasnya. Detail arsitekturnya juga bisa dilihat dari atas, tetapi struktur bangunan detail tidak dapat sepenuhnya dilihat dari dekat.
Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar


Seperti dilansir
chinahighlights.com
, bangunan ini adalah bangunan besar dengan empat menara yang menonjol karena warna dan arsitekturnya.


Masjid itu terletak di Tsim Sha Tsui, distrik yang dihuni banyak umat Muslim dari berbagai negara yang tinggal dan menetap di Hong Kong. Mereka kebanyakan berasal dari Pakistan, selatan Asia maupun Afrika.


Masjid itu memiliki sejarah panjang, yaitu sejak dekade 1800-an, dan dirancang oleh arsitek IM Kadri. Bangunannya dapat menampung sekitar 3.000 orang pada satu waktu.


Bangunannya dihiasi dengan trotoar dan lantainya terbuat dari marmer putih. Masjid inipun dihiasi dengan 4 menara yang masing-masing memiliki ketinggian sama 11 meter dan menandai sudut-sudut bangunan.


Di gedung ini, ada ruang doa, ruang komunitas, klinik medis dan perpustakaan. Ruang doa utama dapat menampung 1.000 orang. Ruang doa khusus perempuan sengaja dibuat lebih kecil berada di lantai dua yang dikelilingi teras pink. Di atas adalah kubah setinggi lima meter dengan diameter sembilan meter tingginya.


Bangunan ini tepat berdiri di Jalan Nathan, Tsim Sha Tsui.  Di Tsim Sha Tsui, umat muslim dari berbagai negara berkumpul. Merek tinggal sementara atau bahkan menetap karena bekerja sebagai pedagang, pengusaha dan pengungsi. Banyak dari mereka pergi ke Masjid Kowloon untuk menjalankan salat.


Dan perlu diketahui, hanya umat muslim yang diperbolehkan memanfaatkan fasilitas masjid. Mereka yang non muslim, bahkan tak diizinkan masuk.


Saat berkunjung dan salat di tempat ini, Anda pun bisa sekaligus melakukan kegiatan wisata. Sebab, di sekitar masjid terdapat sejumlah tempat yang menarik untuk didatangi.


Setengah kilometer atau hanya beberapa menit berjalan menyusuri jalan Nathan, terdpat Hong Kong Museum of Art dan Pusat Kebudayaan Hong Kong. Tak jauh juga dari masjid, Anda juga bisa berkunjung ke kawasan trotoar khusus pejalan kaki yang disebut Avenue of Stars. Di sini, banyak cetakan tangan dari bintang di industri film Hong Kong.


Sekitar satu kilometer dari Avenue of Stars, Anda juga bisa berkunjung ke Museum Sains dan Hong Kong Museum of History. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya