Hari Pertama Ramadhan, Harga Sembako Relatif Stabil

Pedagang melayani pembeli di Pasar Rumput, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
VIVA.co.id
RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia
- Memasuki hari pertama Ramadhan, harga kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, relatif stabil seperti awal pekan lalu.

Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng

Kepala Disperindagkop Pemkab Bantul, Sulistiyanto, mengatakan harga barang-barang strategis seperti gas elpiji tiga kilogram juga relatif stabil dan belum ada lonjakan permintaan, sehingga timbul kelangkaan gas elpiji 3 kg.
Strategi Mendag Atasi Calo Daging Sapi


"Untuk permintaan gas elpiji 3 kg masih stabil dan harganya juga masih dalam batas kewajaran. Disisi lainm para agen juga sudah menambah stok gas elpiji 3 kg ke setiap pangkalan," kata dia, Kamis Kamis 18 Juni 2015.


Menurut Sulis dari pantauan petugas Disperindagkop, harga komoditas daging sapi masih stabil dalam kisaran Rp98 ribu per kg. Harga daging ayam stabil di kisaran Rp27 ribu hingga Rp28 ribu per kg.


"Harga sayur-mayur juga relatif stabil, seperti bawang merah dalam kisaran Rp27 ribu per kg. Begitu pula harga cabai, bawang putih, tomat, wortel, kol, selada masih relatif sama sengan harga diawal pekan ini," ujarnya.


Khususnya untuk daging sapi, kata Sulis, jika ada kenaikan secara resmi dari distributor, pihak distributor dalam hal ini para pemilik rumah pemotongan hewan dipastikan akan memberitahukan sebelumnya kepada para pedagang.


Lebih jauh, Sulis juga mengatakan harga kebutuhan pokok di Kabupaten Bantul itu hampir sama dengan harga kebutuhan pokok yang dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Yogyakarta, karena pasokannya, atau distribusi dari sumber yang hampir sama.


"Pasokan sayur mayur banyak yang berasal dari pasar sayur mayur Giwangan Kota Yogyakarta. Sedangkan untuk buah berasal dari pasar buah di Gamping, Sleman. Jika ada selisih tidak sampai di atas Rp2.000, karena hanya disebabkan faktor biaya transportasi semata," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya