Transformasi Perbankan Menuju Era Digital

Kebakaran di Kantor BNI Solo.
Sumber :
  • ANTV
VIVA.co.id
Jika Menguntungkan, BNI Kaji Buka Cabang di Malaysia
- Direktur PT Bank Negara Indonesia (BNI), Bob Tyasika Ananta, mengungkapkan, saat ini sektor perbankan sedang mengalami transformasi menuju era digital.

Setelah Malaysia, Bank Mandiri Rambah Filipina dan Vietnam

Hal tersebut disampaikan oleh Bob dalam acara panel diskusi dengan tema Digitalisasi di Sektor Keuangan di Hotel Le Meridien Jakarta, Kamis 18 Juni 2015.
Mandiri Siapkan 300 Juta Ringgit Bangun Cabang di Malaysia


"Dulu kami tidak pernah membayangkan kalau kita itu akan terkoneksi dengan yang nama-nya gadget. Ini era digital native untuk generasi masa depan," kata Bob saat di acara panel diskusi.


Bob menuturkan, pertumbuhan transaksi perbankan lewat internet tiap tahunnya mencapai 28 persen. Dia menambahkan, fokus perbankan untuk saat ini adalah menyediakan kebutuhan nasabah dalam transaksi online tersebut.


"Kita akan
improve
digitalisasi untuk
customer
. Seperti
electronic channel
,
electronic banking transaction
, dan
electronic e-commerce
, dan
mobile banking
," ujarnya.


Lebih lanjut, Bob tidak khawatir sistem digitalisasi ini akan menyebabkan beberapa kantor cabang ataupun dari sumber daya manusia yang berada dalam naungan BNI terkena dampak yang signifikan.


"Masing-masing bank kan punya strategi. Secara rule of the game, tiap tahun ada penurunan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) sebesar 5 persen. Nanti akan coba kita sesuaikan," ungkapnya. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya