Selain Transport, Spekulan Juga Bikin Harga Barang Melambung

Terminal ?Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Tudji Martudji
VIVA.co.id
RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia
- PT Pelni (Persero) mengungkapkan disparitas harga barang di antara pulau, terutama daerah terpencil, tak hanya disebabkan oleh biaya

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
transportasi. Ulah spekulan pun turut andil dalam perbedaan barang ini.
Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng

"Saat ini, kita tahu harga barang mulai naik. Itu terjadi tidak hanya karena biaya, tapi juga spekulan," kata Dirut Pelni Sulistyo Wimbo Hardjito saat peluncuran program Gerai Maritim di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat 19 Juni 2015.


Wimbo mengatakan bahwa peluncuran program yang digagas Kementerian Perdagangan ini bisa memberikan kepastian harga bahan kebutuhan pokok.


"Dengan adanya program ini, dipastikan ada dua kapal yang menuju Serui, Papua. Kepastian ini akan memberikan ukuran terhadap harga-harga," kata dia.


Gerai Maritim yang merupakan
pilot project
ini menggunakan Kapal Motor (KM) Gunung Dempo dengan rute Jakarta-Jayapura serta mengangkut barangĀ  kebutuhan pokok dan penting sebanyak tiga kontainer (
dry
dan
refrigerated container
), seperti minyak goreng, telur ayam, daging ayam, tepung terigu, beras, gula, serta sembako lainnya. Gerai Maritim ini akan berlayar menuju Serui, Kabupaten Yapen, Papua.


Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, pemerintah menjamin ketersediaan dan menstabilkan harga barang kebutuhan pokok di tengah masyarakat.


"Gerai Maritim merupakan bukti pemerintah menjamin ketersediaan, kelancaran arus dan kestabilan harga barang," kata Rachmat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya