Di Bandung, Ada Masjid yang Bisa 'Berjalan'

Mobile Masjid.
Sumber :
  • RumahZakat.org

VIVA.co.id - Pernahkah membayangkan ada sebuah masjid yang dapat berjalan? Ya, hal itu diwujudkan Yayasan Masjid Nusantara (YMN) yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat. Baru-baru ini, yayasan tersebut meluncurkan Mobile Masjid.

Sesuai dengan namanya, masjid yang dimaksud berupa mobil berukuran bus mini yang menyediakan peralatan salat seperti karpet, sarung, mukena, penunjuk arah kiblat, serta air.

Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Mobile Masjid berkeliling ke pusat keramaian atau lokasi pengungsian yang membutuhkan tepat beribadah.

Menariknya, di belakang bus mini tersebut, terjejal wadah air berupa toren yang digunakan untuk menyalurkan air untuk keperluan wudu. Masjid berjalan ini juga dilengkapi pengeras suara untuk azan dan bantuan speaker bagi sang imam salat.



Mobil ini diketahui dibangun Yayasan Masjid Nusantara dari platform Mitsubishi Fuso ukuran bus mini.

Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul

"Mobile Masjid ini kami operasikan untuk membantu umat muslim menjalankan ibadah salat. Mobile Masjid ini terwujud berkat donasi dari para donatur,” ujar Direktur YMN, Muhammad Sobirin, seperti dilansir di situs resmi YMN, Jumat 19 Juni 2015.



Lantaran muncul di momentum ramadhan, Mobile Masjid ini pun langsung mengambil peran, yakni beroperasi di 30 titik di Kota Bandung. Selain menyediakan sarana ibadah, YMN juga mengaku akan membagikan makanan buka puasa kepada para masyarakat di lokasi yang disambanginya.

"Kami akan membagikan takjil gratis bagi masyarakat yang melintasi Mobile Masjid ini jelang Maghrib," ujar Sobirin.

Harley Davidson Bercita Rasa Italia

Kata dia, masjid berjalan ini tak hanya mengambil misi menjadi rumah ibadah berjalan, namun para relawan yang ada di mobil tersebut juga melakukan aksi bersih-bersih di sejumlah mesjid yang mereka datangi.

bumper tanduk  pada mobil

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota

Saat tabrakan, kendaraan lain bisa rusak parah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016