Alquran Braile Senilai Rp22,5 Miliar Dibagikan Gratis

Alquran Braile di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
VIVA.co.id
Menteri ESDM: Tak Ada Gangguan Energi Selama Libur Lebaran
- Tak kurang dari 15 ribu buah Alquran braile direncanakan akan dibagikan gratis di seluruh Indonesia. Kitab suci yang menelan biaya produksi senilai Rp22,5 miliar ini akan didistribusikan ke seluruh yayasan tunanetra di Indonesia.

H+5 Cilacap Menuju Brebes Macet Total di Ajibarang

Kepala Unit Percetakan Braille Yayasan Penyantun Wyata Guna Ayi, Ahmad Hidayat, yang menjadi lembaga yang memproduksi Alquran braile, mengaku pesanan ini berasal dari Ummi Maqtum Voice, yang menggunakan dana dari kumpulan donatur.
808 Tewas Saat Mudik


"Alquran yang kami cetak tidak untuk komersil. Jadi berdasarkan kebutuhan saja. Kalau untuk perkiraan harga, setiap satu set atau 30 jus braile diperlukan biaya produksi dan ongkos kerja Rp1,5 juta," ujar Hidayat di Bandung, Jawa Barat, Jumat 19 Juni 2015.


Alquran braille yang di produksi kali ini, menurut Hidayat, berbeda dengan yang lama. Jika sebelumnya, menggunakan standar rasm imla’i atau penulisan Alquran per kata, maka cetakan kali ini untuk pertama kalinya menggunakan Rasm Utsmani.


"Jadi penulisannya sesuai dengan standar tulisan Alquran yang dipergunakan oleh manusia normal. Ini sudah sesuai ketentuan yang dikeluarkan departeman agama," ujarnya.


Hidayat tak menampik adanya kendala dalam pencetakan dengan metode penulisan tersebut. Sebab, mesin cetak yang dimilikinya belum semua mengakomodir kata dalam Alquran.


"Jadi solusinya ada beberapa kata yang masih mengikuti rasm imla’i untuk memudahkan pembacaan," ujar Hidayat.


Hingga kini, produksi 15 ribu Alquran braile tersebut sudah mendekati rampung. Sebagiannya bahkan sudah didistribusikan di Jakarta dan sebagian Pulau Jawa. Ditargetkan pada Ramadahan 2015 ini seluruh tuntas terdistribusi. (ren)



Jhon Hendra / Jawa Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya