RESEP: Burger Bakpao Isi Ayam

Burger bakpao isi ayam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha
VIVA.co.id
RESEP: Smoothies Pelangi Segar Ala Sisca Soewitomo
- Saat berbuka puasa, kurang pas rasanya jika langsung menyantap nasi dan lauk pauk. Apalagi perut juga bisa kaget setelah dibiarkan kosong seharian penuh.

Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
Untuk itu ada baiknya Anda menyantap minuman-minuman manis dan makanan kecil untuk mengganjal perut sebelum waktu makan malam tiba.

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Salah satu camilan yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah ialah bakpao. Roti kukus berwarna putih ini sangat mudah dan cepat dibuat.

"Anda juga tak perlu repot-repot membentuknya menjadi bulat karena cukup disendok saja menggunakan sendok atau scoop es krim," ujar Chef Yuda Bastara yang ditemui beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan, Anda bisa menggunakan bahan apa saja sebagai isiannya. Namun, kali ini Chef Yuda akan memberikan resep bakpao isi dengan twist yakni dikreasikan seperti burger lezat.

Berikut ini resep lengkapnya.

Burger Bakpao Isi Ayam

Bahan-bahan

-150 gram fillet dada ayam, potong dadu
-1/4 ikat daun ketumbar, potong kasar
-2 sdm saus tiram
-1/2 sdm kecap asin
-1/2 gelas jamur shitake, potong tipis
-1 gelas tepung terigu protein sedang
-1 1/2 sdm baking powder
-1/2 gelas santan kelapa
-1 sdt minyak wijen
-2 sdm biji wijen panggang
-1 buah jeruk nipis, ambil air perasannya
-garam secukupnya
-irisan mentimun dan daun selada secukupnya untuk hiasan

Cara membuatĀ 

1. Dalam food processor, masukkan tepung terigu dan baking powder. Aduk sebentar kemudian masukkan santan, minyak wijen dan garam. Aduk hingga rata dan membentuk adonan.

2. Ambil satu sendok adonan dan letakkan di atas kertas cupcake. Lakukan hal yang sama hingga seluruh adonan habis kemudian kukus adonan bakpao.

3. Dalam mangkuk, masukkan daging ayam, saus tiram, kecap asin, daun ketumbar, jamur dan air perasan jeruk nipis. Aduk rata dan kukus hingga matang.

4. Setelah bakpao matang, buang kertas cupcake-nya dan iris bakpao menjadi dua bagian.

5. Isi dengan ayam dan jamur yang telah matang. Tambahkan saus tiram, kecap asin, daun selada dan irisan ketimun. Taburkan biji wijen panggang di bagian atas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya