Ilmuwan Berambisi Ciptakan Dinosaurus dari Ayam

Jengger Ayam
  • iStock
VIVA.co.id
Dinosaurus Punah karena Asteroid
- Seorang pakar paleoantropologi berambisi menciptakan dinosaurus di masa modern. Menariknya dinosaurus yang akan dihadirkan itu bukan seperti dinosaurus yang pernah hidup ratusan juta tahun lalu.

Ditemukan Nenek Moyang Kura-Kura Baru

Pakar paleonatrologi yang disewa oleh Jurassic World, Jack Horner, mengaku ia ingin menciptakan dinosaurus tapi dari ayam. Ia menyebutnya Chickensaurus.
10 Pulau Mematikan yang Bisa Membunuh dengan Cepat

Gagasan ini muncul setelah ia mempertimbangkan susah untuk melahirkan kembali dinosaurus pada masa kini. Alasannya, DNA hewan purba itu tak memungkinkan untuk dikembangkan sehingga susah untuk melahirkan kembali dinosaurus.

"Saya sudah bekerja keras mengekstrak DNA dinosaurus dan saya selalu gagal. Molekul DNA dinosaurus besar dan sangat tidak stabil," ujar Hormer dikutip
Daily Mail,
Jumat 19 Juni 2015.

Pikirannya kemudian beralih ke spesies burung. Profesor dari Montana State University, Amerika Serikat itu mengatakan memungkinkan untuk mengubah spesies burung menjadi dinosaurus. Sebab, spesies ini membawa DNA dinosaurus dan merupakan mahluk terdekat yang hidup semasa hewan purba tersebut.

"Untuk membuat burung menjadi dinosaurus, apa yang kami lakukan yaitu mencari gen nenek moyang burung," kata dia.

Dikatakanya, ia akan memulai dengan melihat pada evolusi ekor burung. Burung secara gradual memiliki ekor yang pendek. Pada titik ini, ia melihat ada jalur genetik yang telah hilang dalam hewan modern. Untuk itu ia akan mencari embrio dan menentukan tahap perkembangan gen tertentu yang bisa dihidupkan atau dimatikan.

"Kami mencoba untuk menyesuaikan bagaimana burung menetas dengan ekor panjang," ujar dia.

Terkait struktur Chickensaurus, Horner mengatakan harus ada empat eleman penting yaitu gigi, moncong bukan paruh, ekor dan lengan panjang serta tangan tapi bukan sayap.

Untuk menumbuhkan gigi dan paruh menurutnya memungkinkan. Ia merujuk pada hasil kerja konsep dari peneliti University of Wisconsin, AS yang bisa mengaktifkan ayam dengan gigi pada 1990-an.

Kemudian ia mengungkapan belum lama ini peneliti Universitas Harvard dan Universitas Yale, AS juga mampu mengubah paruh menjadi mulut seperti yang ada pada dinosaurus.

Keberhasilan itu membuktikan konsep mengubah ayam menjadi dinosaurus sebagai 'bukti konsep'.

"Itu adalah sebuah gen yang mereka bisa hidupkan dan mengubah bentuk mulut," kata dia.

Dia mengaku timnya sudah bisa menemukan gen untuk menghasilkan sekitar 14 tulang.

Salah satu tantangan melahirkan Chickendinosaurus menurutnya adalah menciptakan ekor yang panjang pada dinosaurus ayam. Meski dalam pikirannya yaitu menciptakan ekor seperti buaya, tapi itu memang susah.

"Kami sudah benar-benar melakukannya beberapa kali tapi memiliki beberapa masalah, kami tidak bisa mengembangkan dengan ekor dan mengubah posisi panggul," katanya.

Horner berjanji timnya hanya akan membuat satu Chickendinosaurus pada saat ini dan membiarkan kawin dengan lainnya.

"Kalau mereka kawin, mereka hanya akan memiliki ayam," jelas dia.

Horner juga memastikan dinosaurus ciptaan timnya itu tak akan muncul dengan menakutkan seperti yang tersaji dalam film. Hal itu tak akan terjadi sebab, peneliti tidak melahirkan dan mengolah DNA dinosaurus untuk menjadi hewan purba sepenuhnya.

"Tapi kami bisa membuat hibridanya," kata dia. (ren)