Pertamina Gas Akan Bangun Jaringan Pipa Gas di 25 Kota

Menteri ESDM
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ramond EPU
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
- Pertamina Gas sudah membuat peta jalan pembangunan jaringan pipa gas di 25 kota di seluruh Indonesia pada 2015 hingga 2020. Pembangunan jaringan pipa gas kota ini diharapkan menjadi solusi ketahanan energi nasional.  

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
Direktur Utama Pertamina Gas, Hendra Jaya, mengatakan pembangunan jaringan pipa gas ini akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dia tidak menyebut berapa nominal investasi yang dibutuhkan. 

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
"Tahun depan Pertamina Gas akan bangun jaringan gas di 25 kota, tapi kotanya belum ditentukan, kami sedang siapkan. Anggaran dari APBN, dan ini jadi tantangan karena harganya nanti diregulasi," kata Hendra saat berbuka puasa bersama wartawan di Jakarta, Jumat, 19 Juni 2015. 

Meski peta jalan pembangunan pipa gas di 25 kota ditetapkan hingga 2020, Hendra mengatakan pembangunan akan dipercepat. Dia optimistis pembangunan akan selesai pada 2016. 

Hendra mengklaim pembangunan pipa gas kota ini akan menjadi solusi bagi ketahanan energi nasional. 

"Gas kota akan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dan mengganti elpiji, sekaligus solusi nasional mengurangi ketergantungan impor elpiji. Gas kota ini untuk menjaga ketahanan energi nasional," katanya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya